[Not For Junk Food!!] 10 Junk Food yang Dilarang WHO!

April 14, 2011 – 6:26 pm
World Health Organization ( WHO ) yang merupakan organisasi kesehatan dunia menyatakan, sebaiknya orang-orang menghindari untuk mengkonsumsi makanan seperti dibawah ini :

Makanan gorengan, golongan makanan seperti ini mengandung banyak kalori yang sangat tinggi, kandungan lemak atau minyak dengan oksida yang tinggi. Bila dikonsumsi secara regular, akan menyebabkan kegemukan yang mengakibatkan hyperlipitdema dan sakit jantung koroner. Dalam proses penggorengan, banyak terdapat zat karsiogenik yang dapat menyebabkan kanker. Pengkonsumsi makanan gorengan, jauh rentan untuk terkena kanker.

Makanan kalengan, baik buah kalengan atau daging kalengan, kandungan gizinya sudah banyak dirusak, terlebih kandungan vitaminnya. Kandungan proteinnya sudah mengalami perubahan sifat, hingga penyerapannya diperlambat. Nilai gizinya sudah jauh berkurang dan pada makanan buah kalengan, banyak terdapat kadar gula yang tinggi dan dalam bentu cair, sehingga penyerapannya sangat cepat, sehingga dalam waktu cepat dapat menyebabkan kadar gula darah yang meningkat dan memberatkan beban pankreas. Bersamaan tingginya kalori, dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan.

Makanan asinan, dimana dalam proses pengasinan dibutuhkan penambahan garam secara signifikan, dimana hal ini dapat menyebabkan kandungan garam pada makanan tersebut melewati batas dan dapat menambah beban ginjal. Bagi pengkonsumsi makanan asinan, dapat menyebabkan hipertensi karena pada proses pengasinan sering di tambah amonium nitrit yang menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan. Kadar garam tinggi, juga dapat merusak selaput lendir lambung dan usus, maka bagi yang rutin mengkonsumsi makanan asin akan menyebabkan radang lambung dan usus.

Makanan daging yang diproses ( Ham, sosis,dll ), dimana makanan seperti ini mengandung garam nitrit yang dapat menyebabkan kanker. Juga mengandung pengawet atau pewarna yang dapat memberatkan beban hati / hepar. Dalam Ham dan sebagainya, kadar natriumnya tinggi, mengkonsumsi dalam jumlah besar dapat mengguncangkan tekanan darah dan memberatkan ginjal.

Makanan dari daging berlemak dan jeroan, walaupun memiliki protein yang baik, vitamin dan mineral, tetapi dalam daging yang berlemak dan jeroan mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang sudah di vonis sebagai penyebab dan pencetus penyakit jantung. Makan jeroan binatang dalam jumlah banyak dan wkatu yang lama, dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan tumor ganas ( kanker usus besar ), kanker payudara dan lain-lain.

Olahan keju, dimana sering mengkonsumsi olahan keju, dapat menyebabkan penambahan berat badan hingga gula darah yang meninggi.

Mie instan, dimana makanan ini tergolong makanan yang tinggi garam, miskin vitamin dan mineral. Kadar garam yang tinggi, menyebabkan beratnya beban ginjal serta meningkatkan tekanan darah serta mengandung trans lipid yang memberatkan beban pembuluh darah jantung.

Makanan yang dipanggang / dibakar, mengandung zat yang menyebabkan kanker.

Sajian manis beku, seperti ice cream, cake beku dan lain-lain, dimana golongan ini mempunyai masalah yang menyebabkan obesitas karena mengandung mentega yang tinggi. Juga menyebabkan kadar gula yang tinggi, yang dapat mengurangi nafsu makan sehingga mempengaruhi kerja usus.

Manisan kering, mengandung garam nitrat dan didalam tubuh bergabung dengan ammonium yang menghasilkan zat karsiogenik yang mengandung esens tambahan, yang dapat merusak hepar dan organ lain dalam tubuh manusia. Mengandung garam yang tinggi, yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan memberatkan kerja ginjal.

Itulah sepuluh makanan yang harus diwaspadai menurut WHO….semoga bermanfaat.

[source]

berantas junk food :mad:

[Not For Junk Food!!] 10 Junk Food yang Dilarang WHO!

Post a Comment