Lagi Transportasi Indonesia Mematikan, Bus ALS Masuk Telaga, 14 Nyawa Melayang

June 27, 2011 – 8:26 am
Quote:

AEK LATONG MAKAN KORBAN
SENIN, 27 JUNI 2011 | 10:31
ALS Masuk Telaga 14 Tewas, 5 Hilang
Senin, 27 Juni 2011

AEK LATONG-PM-Akibat tak sanggup melewati tanjakan di jalanan rusak Aek Latong, Kec. Sipirok, Tapsel, bus ALS BK 7088 DL jurusan Medan-Bengkulu, terjun bebas ke telaga, Minggu (26/6) sekitar pukul 02.30 WIB. Sedikitnya, 14 penumpang tewas dan lima penumpang belum ditemukan.

Korban ditemukan tewas diantaranya, Desi Trifiona (4), Lubuk pakam, Maulida Asmar (30) Jalan Bunga Raya Medan Sunggal, Eka Santi (31), Jalan Bunga Raya Medan Sunggal,

Putri Balkis (15), Jalan Bhayangkara No 424 B, Kelurahan Indra Kasih Kecamatan Medan Tembung, Dahniar (56) Jalan Bhayangkara No 424 B Kelurahan Indra Kasih Kecamatan Medan Tembung, Assifa Azhara (7) Jalan Bhayangkara No 424 B Kelurahan Indra Kasih Kecamatan Medan Tembung, Desi Indriani (30) Gg Pajak Tasbih Tembung Pasar III, Yuni Sipiani (9) Gg Pajak Tasbih Tembung Pasar III, Dimas (3) Gg Pajak Tasbih Tembung Pasar III, Husni Amaliyah (9), Bengkulu, Kumala Sari (11), Bengkulu, Rohana Bengkulu, Trisnawati (55) Bandar Selamat Tembung dan Dedi.

Sedangkan lima korban masih belum ditemukan diantaranya, Siti Rahayu (30) Lubuk Pakam, Poppy Mustika (9) Lubuk pakam, Rifki Anugerah (2), Adinda Pratiwi (5) dan Rendi (4).

Informasi dihimpun METRO (Grup POSMETRO MEDAN) dari sejumlah penumpang yang selamat yakni Sudirman (62), Mariam (62) Supriyadi (34) Eriyanto (37), Cecep (17) dan Syaripan (27) mengatakan, bus berangkat dari Medan dengan tujuan Bengkulu Jumat (24/6) sekitar pukul 14.00 dengan kondisi hampir penuh.

Namun ketika di Tebing dan Siantar banyak penumpang baru yang naik sehingga bus sangat sarat penumpang, sehingga seluruh bangku tempel dipenuhi penumpang. Namun, di perbatasan Taput dan Tapsel bus sempat rusak dan mereka harus istirahat 10 jam menunggu perbaikan.

‘’Saat itu yang rusak kolaher roda depan bagian kiri,’’ ujar Darwin (5), warga Desa Laut Tador, Kec. Laut Suka, Batubara, salah satu penumpang yang selamat, kemarin siang.

Perbaikanpun selesai dan bus melanjutkan perjalanan. Sekitar 5 km bus berjalan sudah tiba di jalan rusak parah Aek Latong. Sang sopir berupaya melewati tanjakan dengan permukaan jalan bergelombang.

Namun baru sekitar 30 meter menaiki tanjakan tiba-tiba roda depan terganjal gundukan tanah sehingga bus berhenti. Kernet berupaya mengganjal roda dengan batu, lalu meminta penumpang untuk turun.

Meski cuaca dingin dan gelap, sebagian besar penumpang memilih turun dan jalan kaki namun sebagian memilih bertahan di dalam bus. ‘’Memang saat itu ada anak-anak yang sakit jadi tidak turun dan tetap di gendong ibunya,’’tutur Darwin.

Setelah tak ada lagi penumpang yang turun, lantas supir yang infonya bernama Unggul (26), menekan pedal gas, tetapi bus bukan berjalan tetapi malah mundur ke belakang. “Saat mundur jalannya pelan sekali,’’ kata Darwin.

Ternyata bus mundur terus mengarah pinggir jalan sebelah kanan (jika kendaraan menuju arah Sipirok) dan dalam hitungan detik langsung masuk ke dalam telaga sedalam 4 meter sehingga seluruh badan bus tidak tampak.

‘’Mesin bus tidak mati, maka kami terus berjalan lebih ke atas di kegelapan malam itu. Baru sekitar 50 meter kami beranjak namun salah seorang diantara kami menjerit dan berlari menuju mobil yang sudah mundur dan masuk jurang,’’terangnya.

Berdasarkan keterangan beberapa penumpang tersebut, jumlah penumpang diperkirakan 70 orang. Hal ini berdasarkan jumlah makanan yang dibelikan kernet selama mereka menunggu proses perbaikan di perbatasan Tapsel-Taput. Pantauan METRO, proses evakuasi korban berjalan lamban akibat tak ada yang berani, dan hanya menatapi bus nas yang ditelan telaga Aek Latong bersama penumpangnya.

Baru sekitar pukul 09.00 sekitar 12 orang yang merupakan sopir dan kernek Bus ALS lainnya, berupaya menyelam dengan memecah jendela kaca dan berselang beberapa saat satu-persatu penumpang yang didominasi anak-anak dan wanita ditemukan dalam kondisi tubuh kaku, sedangkan evakuasi bus hingga pukul 17.00 belum berhasil.

Kendati sejak pagi hari terus diupayakan melalui truk yang lewat, truk milik POLRI, dan alat berat milik PU namun belum berhasil karena kondisi jurang yang curam.

“Kejadian ini baru yang pertama kali terjadi pada bus ALS,” kata Humas PT ALS, Alwi Matondang saat ditanya wartawan di kantornya Jl. SM Raja Medan. Alwi menjelaskan bus berangkat dari Medan menuju Bengkulu pada Jumat (24/6) sekitar pukul 15 Wib dengan membawa penumpang berjumlah 45 orang, 2 supir serta 2 orang kernet.

“Sebelum kejadian mobil sudah mengalami kerusakan mesin di daerah Toba, namun karena sudah kembali bagus supir kembali berangkat menuju Bengkulu, akan tetapi saat di perjalanan menuju Bengkulu di daerah Aek Latong bus masuk korekan seperti danau, karena menghindari jurang pada sisi kirinya,” jelasnya.

Alwi mengatakan pihaknya mendapatkan informasi dari perwakilan yang berada didaerah Tapanuli Selatan atas kejadian tersebut. “Kita tau dari perwakilan yang berada di Tapsel dan mereka mengatakan bahwa saat ini sudah 14 orang yang dievakuasi dari 45 penumpang,” kata Alwi.

Namun Humas PT ALS ini mengatakan bahwa pihaknya tidak ada memberikan bus khusus bagi keluarga korban yang ingin melihat korban didaerah Aek Lotong. “Kita tidak ada menyediakan bus khusus, tetapi kita bisa menitipkan keluarga ke bus kita yang berangkat ke Bengkulu untuk keluarga korban,” ucapnya.

Saat ditanya wartawan mengenai adanya pelatihan bagi para supir bus ALS. Alwi menjelaskan bahwa supir bus ALS mendapatkan pelatihan khusus mengemudi, karena supir akan melewati jalan-jalan yang cukup rawan.

“Para supir semuanya mendapatkan pelatihan dan bus yang akan berangkat juga sudah mendapatkan perawatan, baru bus dapat berangkat,” tambahnya.(ran-smg/sal/joe)

http://www.posmetro-medan.com/index….w&newsid=24040


jalanan amburadul, bus ugal2an, entah sampai kapan terus terjadi:cd:

Lagi Transportasi Indonesia Mematikan, Bus ALS Masuk Telaga, 14 Nyawa Melayang

Info yg dicari : mobil als jatuh, mobil als, als jatuh, sopir ngewek penumpang, kernet gay, gay dan kernet bus, dientot kernet, Cerita Gay ML dengan Supir Bus, Info gay supir bus ALS, ceritagay-kernet bis,

Post a Comment