Politik Uang Warnai Pilkada Buleleng

April 22, 2012 – 1:26 pm
Di Kecamatan Gerokgak, penebar politik uang dari salah satu kandidat tertangkap tangan.

Quote:

VIVAnews – Pencoblosan pada Pemilukada Buleleng, Bali, digelar Minggu ini, 22 April 2012. Beberapa jam sebelum pencoblosan, politik uang semakin meningkat. Bahkan di Desa Pengulon, Kecamatan Gerokgak, penebar politik uang dari salah satu kandidat tertangkap tangan. Tim sukses kandidat lain akhirnya melaporkan peristiwa itu ke Panwaslu Kabupaten Buleleng, Sabtu malam.

"Awalnya saya mendapat laporan dari warga jika ada praktik politik uang. Beberapa warga diberi uang Rp25 ribu oleh seorang bernama Asnawi dengan ajakan memilih kandidat nomor dua, Tutik Kusuma Wardani-Komang Nova Sewi Putra yang diusung Partai Demokrat," kata Wakil Ketua Tim Pemenangan Putu Agus Duradnyana-Ida Bagus Sutjidra, H. Mulyadi di Kantor Panwaslu Buleleng, Sabtu malam.

Mendapat laporan dari warga, Mulyadi berinisiatif mendatangi mereka yang telah menerima uang tersebut. Setelah berdiskusi dengan warga, akhirnya Mulyadi yang juga anggota Komisi D DPRD Buleleng dari PPP berinisiatif melaporkan peristiwa tersebut. "Kami juga mengajak tiga orang yang menerima uang itu, yakni Subhan, Azwar Anas dan Taufiq. Kami juga serahkan barang bukti politik uang tersebut," papar Mulyadi.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Buleleng, I Ketut Rudia mengaku segera menindaklanjuti laporan yang diterimanya. Ia mengaku sudah mengklarifikasi langsung kepada mereka yang menerima politik uang tersebut. Hanya saksi dan terlapor yang belum diperiksa.

"Kasus ini akan kami tindaklanjuti. Kami masih punya waktu tujuh hari merampungkan kasus ini sejak laporan diterima," kata Rudia.

Dalam Pilkada Buleleng diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni Gede Ariadi-Wayan Arta yang diusung Partai Golkar, PAN, dan PKPB, Tutik Kusumawardani-Komang Nova Sewi Putra yang diusung Partai Demokrat, Putu Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra yang diusung PDIP, PKS, PKB, PPP dan PNIM serta Gede Wenten Suparlan-Ida Bagus Djodhi yang diusung Partai Hanura, Gerindra, PKPI, Partai Pelopor dan PDP.

Tembak di tempat

Kapolda Bali Inspektur Jenderal Budi Gunawan menegaskan situasi menjelang Pilkada Buleleng, Minggu ini, 22 April 2012 secara umum kondusif dan masyarakat siap menggunakan hak pilihnya.

Budi datang ke Buleleng guna melakukan pengecekan kesiapan pasukan pengamanan dan lokasi tempat pemungutan suara (TPS). Semua logistik pilkada seperti surat suara telah terdistribusikan dengan baik sampai ke TPS dan tidak ada kendala berarti.

"Kami tetap harus meningkatkan kewaspadaan dan masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dengan baik," kata Budi di Mapolres Buleleng, Sabtu malam.

Dari pemantuan yang dilakukan, Budi mengakui jika potensi terjadinya kerawanan selama berlangsungnya pesta demokrasi tersebut cukup tinggi, seperti gesekan di bawah yang dipicu akibat ketidakpuasan terhadap hasil pemungutan suara.

Demikian pula, berbagai kemungkinan munculnya pelanggaran pidana pemilu hingga politik uang seperti serangan fajar, telah diantisipasi jajarannya dan akan menindaklanjuti hasil rekomendasi panwaslu.

Terkait kerawanan selama berlangsungnya pilkada, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi seperti pembentukan pos pengamanan terpadu melibatkan jajarannya dan unsur TNI.

Bahkan pihaknya telah memetakan potensi kerawanan yang muncul dengan penempatan aparat dan kekuatan pendukung lainnya di titik-titik strategis. Ada empat desa di dua kecamatan di Seririt dan Gerogak yang berada wilayah Singaraja bagian Barat. Kepolisian tidak akan mentolerir setiap aksi anarkisme selama pilkada, mereka yang melakukan perbuatan melanggar hukum akan diambil tindakan tegas.

Hanya saja, Kapolda tidak secara jelas menyebutkan tindakan tegas yang akan diambil termasuk kemungkinan perintah tembak di tempat. "Tetapi pasukan kami sangat cukup untuk mengantisipasi segala kemungkinan," tegas dia.


SUMBER

Quote:

berita terkait
Kasus ”Money Politics” Diserahkan ke Polres


eaaa :addfriends
serangan fajar, aneh2 aja kelakuan yang satu ini :capedes

Politik Uang Warnai Pilkada Buleleng

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a Comment