MK: Pilkada Tangsel Harus Diulang!

December 10, 2010 – 6:26 am
JAKARTA, KOMPAS.com – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan pemungutan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Tangerang Selatan.

MK menilai proses pemilihan kemarin yang memenangkan pasangan Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie ini penuh kecurangan dan kental dengan keterlibatan birokrasi pemerintahan untuk memenangkan pasangan nomor urut no 4 ini.
– Mahfud MD


MK menilai proses pemilihan kemarin yang memenangkan pasangan Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie ini penuh kecurangan dan kental dengan keterlibatan birokrasi pemerintahan untuk memenangkan pasangan nomor urut 4 ini.
Dalam putusan yang dibacakan langsung oleh Ketua MK Mahfud MD, majelis hakim membatalkan hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat. "Majelis membatalkan keputusan KPU Tangsel tentang penetapan hasil perolehan suara Pemilukada. Majelis memerintahkan kepada KPUD untuk melakukan pemungutan suara ulang di seluruh TPS se-kota Tangsel," ungkapnya di ruang sidang utama, Jumat (10/12/2010).
MK juga memerintahkan KPU Daerah, Badan Pengawas Daerah, KPU Provinsi dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Tangsel untuk mengawasi pemungutan suara ulang sesuai kewenangannya. Hasil Pilkada ulang ditunggu selambat-lambatnya 90 hari setelah putusan MK dikeluarkan.
Majelis mengungkapkan ada beberapa bukti yang menguatkan dugaan bahwa terjadi kecurangan dalam proses Pilkada di Tangsel, seperti surat perintah netralitas baru dikeluarkan tiga hari sebelum hari-H Pilkada sehingga itu terkesan menutupi keberpihakan PNS kepada pasangan calon.
Juga ada pertemuan resmi pihak terkait dengan aparat sehingga dugaan tidak terhindarkan, surat bahwa pemerintah daerah netral yang makin menunjukkan ketidaknetralan, serta laporan panwas bahwa tidak ada pelanggaran yang justru menimbulkan kecurigaan.

Spoiler for sumbernya:

http://megapolitan.kompas.com/read/2010/12/10/11575523/MK.Pilkada.Tangsel.Harus.Diulang-4

MK: Pilkada Tangsel Harus Diulang!

Info yg dicari : kasus pilkada tangsel, kasus mk terbaru,

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Post a Comment