(Miris) Bangunan bersejarah di depok semakin Punah

April 8, 2011 – 3:26 am
Bangunan Bersejarah di Depok Dibongkar Habis
September 6th, 2007

Depok, Kompas – Banyak bangunan bersejarah di Kota Depok dibongkar habis dan di atasnya didirikan bangunan baru untuk perdagangan. Situs-situs bersejarah hilang, berganti dengan rumah toko. Kondisi ini mencerminkan pembangunan di Depok semakin tidak terkendali.

Demikian benang merah pendapat sejarawan Universitas Indonesia Titi Mahrus Irsyam, Ketua Majelis Perwakilan Anggota Lembaga Cornelis Chastelein (LCC)—sebuah komunitas masyarakat Depok tempo dulu—Boy Loen, dan arsitek Osrifoel Oesman dalam seminar bertajuk “Quo Vadis Depok? Peluang dan Tantangan”. Seminar yang diadakan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia pada Rabu (5/9) itu dibuka Dekan FIB Ida Sundari Husen.

“Sangat disayangkan saat ini begitu mudahnya Pemkot Depok memberikan izin perombakan bangunan-bangunan peninggalan zaman dulu dengan hanya mempertimbangkan kepentingan ekonomi atau bisnis, dan mengabaikan faktor sejarah, sehingga wajah Depok tempo dulu yang sarat nilai sejarah hilang,” kata Boy.

Boy mempertanyakan soal disengaja tidaknya pembongkaran bangunan bersejarah untuk menghilangkan sejarah Depok tempo dulu. Dia memberikan contoh bangunan tua di Jalan Kartini di sebelah Kantor Kecamatan Pancoran Mas. Bangunan yang pernah menjadi tempat tinggal Ds van Daalen, pendidik dan tokoh rohaniwan di Depok, itu dibongkar dan menjadi stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU).

Meskipun masyarakat sekitar keberatan atas kehadiran SPBU itu, Boy merasa aneh izin mendirikan bangunan dari SPBU bisa keluar dan bangunan tua langsung dibongkar. (KSP)

Sumber:
Kompas 6 September 2007
__________________________________________

Bangunan Bersejarah di Depok hanya tinggal tersisa tak lebih dari 10 buah, diantaranya jalan pemuda, rumah presiden depok, dan rumah sakit. kebanyakan berganti menjadi pusat perbelanjaan.

Padahal sebelum nya, bangunan-bangunan tersebut akan ditetapkan menjadi cagar budaya, atau wilayah kota tua seperti di Jakarta Utara..

(kutipan dari koran Indopos, 8 April 2010)

__________________________________________

Mana nih kebijakan pemprov dan walikota Nurmahmudi? mau biarin kebun, lingkungan hidup dan bangunan bersejarah punah dari depok? kayak rumah pondok cina yang sekarang jadi margo city, perkebunan citayam yang udah jadi perumahan dan pertokoan.

ternyata partai apapun sama aja.. :o

(Miris) Bangunan bersejarah di depok semakin Punah

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a Comment