KPK: Penyadapan Itu Penting Bagi Kita

February 27, 2011 – 1:26 pm
SUMBER:

Quote:

INILAH.COM, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tetap akan melakukan penyadapan untuk membantu kinerja institusi tersebut dalam mengungkap kasus-kasus tindak pidana korupsi.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPK Busyro Muqoddas saat ditemui usai menghadiri seminar "Suap Pemerasan Dalam Perspektif Moral dan Penegakan Hukum," di Hotel Grand Panghegar Bandung, Sabtu (26/2/2011).

Menurut Busyro, penyadapan merupakan hal penting yang akan membantu suksenya KPK dalam membongkar kasus korupsi. "Penyadapan ini penting bagi kita untuk mendukung kinerja KPK," ucap Busyro.

Selain ini ketua KPK ini juga mengatakan institusi yang dipimpinnya tidak terpengaruh dengan putusan Mahkamah Konstitusi, tentang penyadapan.

"Belum lama ini MK memang membatalkan pasal yang mengatur tentang tata cara penyadapan dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UUITE). Namun, KPK tidak terpengaruh, Sebenarnya, yang dicabut oleh MK itu bukan penyadapan oleh KPK. Kita tetap jalan terus," jelasnya.

Namun meski mengatakan tidak terpengaruh dengan putusan MK, KPK tetap mempunyai etika dan mengetahui dimana batasan-batasan dalam melakukan penyadapan. Mahkamah Konstitusi sendiri sebelumnya membatalkan pasal 31 ayat (4) UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tentang tata cara penyadapan. MK menilai, jika pasal 31 ayat (4) UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 tidak memiliki kekuatan hukum mengikat dan menganggap bertentangan dengan UUD 45.


SUMBER:

Quote:

Berita lainnya:
DPP PKS Kirim Tim ke Gorontalo
Hukuman Ringan, Korupsi Menggila
PKS Belum Tahu Kadernya Ditangkap di Lokasi Judi
Kontrak Politik Koalisi Lemah & Tak Meningkat
Bagi PKS, Unek-unek Anas Hanya Angin Lalu
Marzuki Alie Dianggap Tak Paham Prioritas


KPK: Penyadapan Itu Penting Bagi Kita

Tags: , , , ,

Post a Comment