KPK Didesak Tuntaskan Kasus Suap Sesmenpora

May 22, 2011 – 8:26 pm

JAKARTA—Laporan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD tentang suap yang dilakukan kader Demokrat, Muhammad Nazaruddin kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat bukan merupakan konspirasi tertentu melainkan semata ingin agar Presiden cepat dan tepat dalam mengambil keputusan terhadap Nazaruddin.

"Pertemuan Ketua MK dengan Presiden, harus dilihatsebgai bentuk keseriusan Ketua MK dalam upaya pemberantasan korupsi, bukan dalam konteks konpirasi. jadi, jangan diartikan lain, apalagi konspirasi," kata Staf Khusus Presiden Bidang Hukum, Denny Indrayana, usai menjadi pembicara diskusi di, Jakarta, Sabtu (21/5).

Denny menjelaskan, inisiatif Mahfud MD harus dilihat sebagai ikhtiar untuk memberikan info lebih kepada Presiden dalam kapasitas sebagai Kketua Dewan Pembina untuk bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat.

”Saya yakin, Mahfud mengungkap suap yang dilakukan Nazaruddin tanpa tendensi apa-apa, meski kasus tersebut terjadi pada Oktober 2010. Kenapa sekarang, mungkin karena tepat waktunya, seiring mencuatnya dugaan keterlibatan Nazaruddin dalam kasus suap Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Wafid Muharram,: papar Denny

Dengan informasi akurat dari Ketua MK tersebut, menurut Denny menjadi rujukan bagi Yudhoyono untuk menetapkan sanksi secara tepat terhadap Nazaruddin. “Keputusan (Dewan Pertimbangan Partai Demokrat) akan lebih tepat dengan adanya laporan ini,” tambahnya. .

Pada pertemuan dengan Presiden pada Jumat (20/5), Mahfud menuturkan Nazaruddin pernah berupaya menyuap Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi Janedri M Gafar

Segera Tuntaskan

Sementara itu desakan untuk segera menuntaskan kasus dugaan korupsi Wisma Atlet Sea Games 2011 Palembang, yang diduga melibatkan Nazaruddin, datang dari mantan ketua MPR Amien Rais. Dia meminta Komisi Pembrantasakan Korupsi (KPK) untuk tidak ragu-ragu mengusut dan melanjutkan penyelidikan kasus ini

"KPK jangan seperti gigi karet, yang tidak mampu menggigit," tegas Amien kepada wartawan seusai diskusi publik yang bertajuk ‘Refleksi 13 Tahun Reformasi: Mewujudkan Cita-Cita yang Tertunda,” di Gedung Joeang 45, Jl. Menteng no. 31, Jakarta Pusat, Sabtu.

Amien berjanji, apbila KPK dapat menuntaskan kasus suap Sesmenpora ini, dia akan . akan berjalan kaki dari rumah di daerah Kebayoran Baru ke Kantor Muhamadiyah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Jadi kalau nanti kasus suap Sesmenpora ini bisa tuntas sampai ke akar-akarnya, saya mungkin betul-betul bergembira dan saya akan jalan kaki ke Kantor Muhamadiyah," janji Amien.

Menurutnya, kasus tersebut merupakan ujian yang cukup menentukan bagi pemerintahan Presiden Yudhoyono dan partai Demokrat. Pasalnya, selama ini Presiden menegaskan untuk menuntaskan kasus korupsi yang semakin mengakar. way/alv/AR-3

sumber gan

KPK Didesak Tuntaskan Kasus Suap Sesmenpora

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a Comment