Jembatan Kukar, Jembatan Kedua di Kalimantan yg Ambruk 3 thn ini. Next, Surumadu?

November 27, 2011 – 3:26 am



Jembatan Tenggarong atau yang lebih dikenal Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) runtuh tepat jelang malam 1 Muharam atau I Syuro, 26 November 2011. Diresmikan tahun 2001 atau 10 tahun lalu saat Bupati Kutai Syaukani Hasan Rais memimpin Kukar (ybs terakhir menjadi pesakitan napi korupsi, tapi dibebaskan karena pertimbangan kesehatan). Mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada 2001 dengan kontraktor PT Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jembatan tersebut. Jembatan itu melintas di atas sungai Mahakam dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga, mencapai 270 meter, dari total panjang jembatan yang mencapai 710 meter. Jembatan ini merupakan sarana penghubung antara kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju ke Kota Samarinda, yang dapat ditempuh hanya sekitar 30 menit. Oleh orang Kalimantan, jembatan kebanggaan mereka itu dikenal dengan sebutan Golden Gate-nya Kalimantan karena menyerupai jembatan di San Fransisco, Amerika Serikat, merupakan akses menuju Samarinda ataupun sebaliknya. Sayang, ‘Golden Gate Kalimantan’ itu hanya berumur 10 tahun, dari 100 tahun yang direncanakan.

Spoiler for Foto dan Video lainnya Saat Jembatan Runtuh:

Jembatan Tenggarong, Mahakarya Warisan Syaukani
Sabtu, 26 November 2011 | 19:05 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Jembatan Kutai Kartanegara atau biasa disebut Jembatan Tenggarong adalah jembatan kebanggaan warga Kutai Kartanegara yang melintas di atas Sungai Mahakam.

Runtuhnya jembatan ini mengherankan banyak pihak, sebab jembatan ini belum berusia tua dan baru diresmikan pada 2001. Warga Tenggarong menyebutnya sebagai mahakarya mantan Bupati Kutai Kartanegara Syaukani HR.

Jembatan sepanjang 710 meter tersebut merupakan sarana penghubung utama Kota Samarinda dengan Kecamatan Tenggarong Seberang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Jembatan ini dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat.

Melewati Jembatan Kutai Kartanegara ada pemandangan menarik yang dapat disaksikan, yaitu hamparan sebuah pulau kecil yang memisahkan Tenggarong dan Kecamatan Tenggarong Seberang, yaitu Pulau Kumala.

Pulau itu disulap menjadi Kawasan Wisata Rekreasi yang banyak diminati oleh wisatawan Nusantara karena merupakan kawasan rekreasi keluarga yang hampir mirip dengan Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.

Di kawasan Jembatan Kutai Kartanegara juga terdapat Jam Bentong yang merupakan sebuah tugu yang terdapat taman-taman yang terlihat asri dan indah jika dilihat dari atas jembatan.

Di dekat jembatan dibangun sarana olahraga panjat dinding sebanyak 2 buah. Kawasan ini setiap sorenya selalu dipenuhi oleh pengunjung yang dapat menikmati keindahan Jembatan Kutai Kartanegara serta memandang Pulau Kumala dari kejauhan
http://nasional.inilah.com/read/deta…risan-syaukani


Jembatan yang melalui sungai Kapuas, Palangkaraya. Jembatan se jenis itu
yang tahun 2009 lalu runtuh, hanya 2 hari sebelum diresmikan.

Sebelumnya, 2009 lalu, Jembatan Sungai Kapuas Runtuh di Kalimantan
Diselidki, Penyebab Runtuhnya Jembatan di Kapuas
Cyprianus Anto Saptowalyono | Sabtu, 4 April 2009 | 16:53 WIB

KAPUAS, KOMPAS.com — Tim teknis Departemen Pekerjaan Umum tiba di Kalimantan Tengah untuk menyelidiki penyebab runtuhnya jembatan sepanjang 255 meter di Desa Lungkuh Layang, Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas, Sabtu (4/4), atau sehari setelah kejadian. "Hari ini ada empat orang dari tim PU yang ke sini untuk meneliti dan mengumpulkan data-data di lokasi. Besok pagi rencananya ada tambahan lagi yang datang ke sini, termasuk ahli jembatan," kata Kepala Subdirektorat Wilayah II Direktur Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Jawali Marbun.

Turut bersama rombongan tim dari Departemen PU ini adalah Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran; Asisten Perkenomian dan Pembangunan, Tagah Pahoe; Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng Ben Brahim S Bahat; Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalteng Rigumi, beserta jajaran dinas terkait. Dalam kesempatan tersebut, Achmad Diran menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga korban runtuhnya jembatan Kapuas tersebut.

Dua Hari Lagi Diresmikan, Jembatan Malah Runtuh

Jembatan Timpah yang sedang dibangun di Sungai Kapuas, wilayah Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, dilaporkan runtuh pada Jumat (3/4). Jembatan tersebut berada di ruas Palangkaraya-Buntok, Kabupaten Barito Selatan.

Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang ketika dihubungi menuturkan, pihaknya mendapat informasi bahwa runtuhnya jembatan terjadi sekitar pukul 10.00. Sebelumnya, jembatan tersebut rencananya akan diresmikan pada 6 April 2009, tetapi jadwal ini sifatnya masih tentatif. "Rencananya besok pagi (Sabtu, 4/4), Dinas PU akan lapor kepada saya apakah jembatan tersebut bisa diresmikan atau belum? Namun, tadi saya mendapat informasi jembatan tersebut runtuh sekitar pukul 10.00," katanya.

Kepala Kepolisian Resor Kapuas Ajun Komisaris Yun Imanullah menuturkan, begitu mendengar informasi musibah tersebut, polisi langsung dikerahkan menuju lokasi. "Anggota SAR dari Polda Brimob Kalteng bersama personel Polres Kapuas dikirim ke lokasi, termasuk untuk mencari apakah ada korban yang masih hilang," katanya. Informasi yang diterima polisi, dalam peristiwa runtuhnya jembatan Timpah itu ada satu korban meninggal dunia, satu luka berat, dan satu luka ringan.
http://regional.kompas.com/read/2009…atan.di.Kapuas
http://regional.kompas.com/read/2009…n.Malah.Runtuh

Berikutnya Jembatan SURUMADU?
Kebangetan, Baut dan Lampu Jembatan Suramadu Pun Dicuri
Selasa, 16 Juni 2009 | 18:01 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Baru satu minggu diresmikan, sebanyak 46 lampu penerangan Jembatan Suramadu di bagian bentang utama atau main span telah hilang. Sebelumnya, beberapa mur pagar besi di pinggir jembatan yang berfungsi sebagai pelindung motor juga hilang. Parahnya, ditemukan beberapa goresan pisau di cable stayed yang berfungsi menahan dua pilar utama Jembatan Suramadu.

Demikian diungkapkan Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V Departemen Pekerjaan Umum AG Ismail, Selasa (16/6) di Surabaya. Ada laporan resmi dari pekerja proyek China tentang hilangnya beberapa lampu penerangan, mur, dan goresan di beberapa cable stayed.

"Dari pengamatan kami, ada yang memang sifatnya iseng, tapi ada oknum yang secara sengaja mencuri perangkat Jembatan Suramadu," tuturnya. Menurut Ismail, lampu-lampu di tengah jembatan tepatnya di bawah lantai yang terbuat dari balok baja berfungsi untuk penerangan bagian tengah jembatan yang gelap pada saat malam hari. Jika lampu-lampu tersebut hilang atau tak berfungsi, maka lintasan tersebut berbahaya bagi para pengendara kendaraan yang melintas.

Kejadian hilangnya beberapa perangkat tersebut diperkirakan terjadi saat Jembatan Suramadu dibuka untuk umum pada Sabtu dan Minggu lalu, di mana banyak pengunjung yang berhenti di bentang tengah. Untuk mengatasi kasus serupa, PT Jasa Marga (Persero) sebagai operator sementara Jalan Tol Jembatan Suramadu akan melakukan las listrik pada setiap baut dan mur serta memperketat patroli di titik-titik kerawanan.
http://regional.kompas.com/read/2009…adu.Pun.Dicuri

—————-

Terlepas dari kisah mistik 1 Syuro … kalau dalam 3 tahun terakhir ini sampai ada 2 jembatan besar yang melintasi 2 sungai besar (Kapuas dan Mahakam) di Kalimantan yang runtuh, tentu perlu dipertanyakan kemampuan teknis kontraktor yang membangunnya. Akibat kesalahan teknis atau akibat duit untuk jembatan itu habis di sunat sebelumnya? Bayangkan, ada banyak jembatan sejenis yang kontruksinya besar yang telah dibangun seperti yang melintas sungai Mahakam dan Kapuas itu, terutama di Sumatera, Sulawesi dan Papua, dalam 10 tahun terakhir ini di seluruh Indonesia. Dan, yang terbesar itu tentulah jembatan Surumadu yang menghubungkan Jawa-Madura. Mudah-mudahan kejadi ketiga tak akan pernah menimpa lagi. Amin!

:berduka :iloveindonesia :berduka

Jembatan Kukar, Jembatan Kedua di Kalimantan yg Ambruk 3 thn ini. Next, Surumadu?

Info yg dicari : jembatan runtuh, tempat kejadian mistis di jembatan suramadu, jembatan kapuas,

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a Comment