Guguran Lava Merapi Terlihat dari Kaliurang

October 25, 2010 – 2:26 pm
INILAH.COM, Magelang – Guguran lava atau guguran material dari puncak Gunung Merapi terlihat dari Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, saat proses evakuasi.

Proses evakuasi bagi warga di kawasan rawan bencana III, di Kecamatan Srumbung dilakukan setelah ditetapkannya status Merapi dari Siaga menjadi Awas.

Meski demikian, sebagian warga tetap enggan mengungsi karena perintah itu terkesan mendadak dan terburu-buru. Ada dua di Desa yang diungsikan, yakni Desa Kaliurang (empat dusun) dan Desa Kemiren (tiga dusun). Mereka yang diungsikan ditargetkan 2.260 jiwa.

Petugas Pengamat Gunung Berapi di Pos Ngepos Srumbung Kabupaten Magelang, Repiyo, mengungkapkan asap yang mengepul dan terlihat itu bukan awan panas tapi debu dari guguran lava dari puncak Merapi. Menurutnya, guguran tersebut menuju Sungai Senowo II, Senowo III dan sebagian ke Sungai Lamat. Guguran itu mengarah ke barat sepanjang 2 KM. Jadi itu bukan guguran lava pijar, tapi guguran dari material yang rapuh dari puncak Merapi.

Sementara itu, gemuruh gempa multiphase dari puncak Merapi terdengar hingga radius 8 KM, tepatnya dari Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Suara itu menjadikan masyarakat semakin panik. "Mulai dini hari tadi pukul 01.00 hingga 04.00 (Senin, 25/10/2010) terdengar suara gemuruh terus-menerus. Masyarakat mulai agak panik padahal sebelumnya masih tenang-tenang saja," kata Kepala Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung, Yusuf Herlambang (35).

Dikatakan, sejak status Gunung Merapi Siaga, suara seperti sudah biasa terdengar tapi intensitasnya rendah. Baru tadi dini hari intensitasnya mulai meningkat. "Suara seperti gemuruh geluduk dan selalu di akhir dengan seperti suara batu yang jatuh dari puncak menuju lereng. Warga terus berjaga-jaga di malam hari," katanya.

Desanya termasuk kawasan rawan bencana III berjarak sekitar 8 KM dari puncak. Ada tiga dusun yang diungsikan, yakni Kamongan Cilik, Kimiren dan Jamburejo yang hanya berjarak sekitar 7 KM dari puncak Merapi.

Kementerian ESDM dan Badan Geologi Bandung menaikkan status Gunung Merapi dari Siaga menjadi Awas Merapi. Status ini merupakan status tertinggi sebelum erupsi gunung teraktif di dunia tersebut. Penetapan kenaikan status Merapi ini berdasarkan surat nomor 2044/45/BGL.v/2010 tertanggal 25 Oktober 2010 pada pukul 06.00 WIB.

Hal ini didasari peningkatan aktivitas Merapi di antaranya ditunjukkan dengan percepatan deformasi mencapai 42 centimeter (cm) per hari atau hampir empat kali lipat dibanding percepatan deformasi pada 21 Oktober. Total deformasi sejak awal hingga sekarang diperkirakan sudah mencapai sekitar 1,7 meter, kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta Subandrio. [beritajatim.com/nic]

http://nasional.inilah.com/read/deta…dari-kaliurang

================================================== ========
semoga gk terjadi apa2 y gan…

Guguran Lava Merapi Terlihat dari Kaliurang

Info yg dicari : Kabar terkini merapi, merapi terkini, KABAR MERAPI TERBARU, berita terbaru merapi, berita terkini merapi, berita merapi terkini, gunung merapiterkinicom,

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a Comment