eKTP gan … !!!

November 25, 2010 – 4:26 am
Warga Kota Tangerang pada tahun 2012 mendatang akan menggunakan KTP elektronik (e-KTP). Untuk persiapan awal, saat ini Pemkot Tangerang tengah melakukan pemutakhiran data atau validasi penduduk di masing-masing wilayah Kota Tangerang.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang, Undang Maksudi KTP elektronik merupakan program Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI. Program itu memilih sebanyak 329 kota dan kabupaten di Indonesia yang dipersiapakan pemerintah pusat untuk penerapan KTP elektronik.

“Selain Kota Tangerang,daerah lainnya di Provinsi Banten yang terpilih penerapan KTP elektronik adalah Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Serang,” kata Undang, Ahad (21/11).

Menurut Undang, ratusan kota dan kabupaten yang terpilih itu dianggap mampu oleh pemerintah pusat untuk mengelola dokumen kependudukan. Sehingga, kota dan kabupaten itu dinillai siap sebagai daerah penerapan KTP elektronik.

Secara teknis, Undang menjelaskan tentang penggunaan KTP elektronik itu. Bentuknya seperti kartu ATM (Automatic teller machine) yang didalamnya memuat data identitas, sidik jari, dan riwayat hidup pemilik. Data-data itu disimpan dalam chip KTP elektronik.

“KTP elektronik ini memudahkan kegiatan yang berkaitan dengan informasi identitas pemilik karena bisa diakses secara on line atau jaringan internet,” ujarnya.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Disdukcapil Kota Tangerang, Mulyanto mengatakan, berbagai upaya persiapan telah dilakukan untuk memulai penerapan KTP elektronik itu. Saat ini, Pemkot Tangerang sedang melakukan pemutakhiran data atau validasi penduduk di masing-masing wilayah Kota Tangerang.

Menurutnya, saat melakukan pemutakhiran data itu, database kependudukan per kecamatan dicetak dan dijatah sebanyak lima persen blanko kosong untuk mengakomodir warga yang belum terdata. Hal itu dilakukan untuk mendatapatkan data yang seakurat mungkin saat pemutakhiran data. Dari pendataan sementara, tercatat data jumlah penduduk kota Tangerang di 13 kecamatan , terdapat 488.091 Kepala Keluarga dan jumlah penduduk 1.565.643 jiwa.

Selain lain telah memiliki database, lanjut Mulyanto, pihaknya juga telah mempersiapkan perangkat pendukung lainnya yang akan mempermudah program e-KTP ini, seperti sistem data secara online atau SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) dan pembuatan KTP dengan komputerisasi.

eKTP gan … !!!

Info yg dicari : persiapan e-ktp kota malang, ceritagaytukangpijit,

Tags: , , , , , , , , , ,

Post a Comment