Dokumen Korupsi di Vatikan Bocor

May 26, 2012 – 2:26 am

Setelah Presiden Bank Vatikan dipecat, kepala pelayan Vatikan juga ditahan.

Kepala Pelayan Paus Benediktus ditahan pada Jumat 25 Mei 2012 karena terkait penyelidikan sebuah dokumen resmi yang berisi dugaan kroniisme dan korupsi dalam kontrak-kontrak Vatikan.

Sebuah sumber Reuters di Vatikan menyatakan, bocoran dokumen itu sebagian sudah beredar di media Italia pada Januari dan Februari, termasuk sebuah surat pribadi pada Paus.

Beberapa dokumen yang kemudian disebut Vatileaks itu, berisi dugaan korupsi, mismanajemen, dan kroniisme dalam kontrak kerja di Vatikan dan ketidaksepahaman internal atas manajemen Bank Vatikan. Presiden Bank Vatikan sendiri, Ettore Gotti Tedeschi, sudah dipecat pada Kamis lalu.

Juru bicara Vatikan menyatakan pada Jumat pagi, bahwa orang yang memegang dokumen rahasia itu sudah ditahan namun dia tak mau menyebutkan posisi atau identitasnya sampai ada izin dari penyelidik Vatikan. Namun sumber di Vatikan menyatakan bahwa orang yang ditahan kepala pelayan.

Kepala pelayan Vatikan melayani di apartemen di Istana Apostolic, memberikan rosario kepada peziarah. Sebagai anggota dekat dari pelayanan kepausan, dia memiliki keleluasaan mengakses ruang-ruang pribadi di Vatikan.

Media Italia menyebut, penyelidik menemukan sejumlah dokumen di apartemennya.

Paus, yang syok dan sedih dengan bocoran itu, memerintahkan sejumlah penyelidikan, termasuk satu yang dipimpin langsung polisi Vatikan dan lainnya oleh sebuah komisi kardinal.

Salah satu surat yang bocor adalah surat dari seorang duta besar Vatikan untuk Amerika Serikat, Carlo Maria Vigano. Vigano menyurati Menteri Luar Negeri Vatikan Tarcisio Bertone, berisi pernyataan bahwa dia dikirim ke Amerika karena telah membongkar jaringan korupsi, nepotisme dan kroniisme terkait kontrak-kontrak yang dinaikkan harganya. (umi)

sumber: http://wap.vivanews.com/news/read/31…-vatikan-bocor

Dokumen Korupsi di Vatikan Bocor

Info yg dicari : berita vatikan, berita vatikan terbaru, berita vatikan terkini, berita terkini vatikan, berita terbaru dari vatikan, info berita KORUPSI terbaru indonesia,

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a Comment