Di ASEAN, Hanya Indonesia yg Belum Punya MBT. Mau Beli Leopard-2, DPR & LSM Menolak

January 16, 2012 – 2:26 pm

Tank Leopard Sesuai Kondisi Geografis Indonesia
16 Januari 2012 | 16:56 wib

JAKARTA, suaramerdeka.com – Tentara Nasional Indonesia menegaskan, pembelian 100 unit tank Leopard bekas dari Belanda diperlukan untuk menjaga keutuhan wilayah RI. Selain itu, tank tersebut juga dipastikan sesuai dengan kondisi georafis Indonesia. “TNI berharap tank tersebut ada. Untuk itu, TNI siap berkomunikasi dan berharap DPR menyetujui pembelian tank tersebut,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul dalam silaturahmi dengan wartawan di Wisma Elang Laut Jakarta, Senin (16/1). Tank itu menambah kekuatan pengamanan di daerah perbatasan yang berbasis daratan di Indonesia. Tank tersebut juga hanya ditempatkan di Pulau Jawa saja,” ujarnya.

Iskandar menambahkan, pembelian tank tersebut adalah untuk meningkatkan kekuatan alutsista TNI. Mengenai penempatan tank-tank tersebut, akan diatur oleh KSAD. “Pengadaan 100 tank Leopard, enam unit pesawat tempur Sukhoi tambahan dan tiga kapal selam sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Pertahanan. Silakan bila ada pihak yang ingin menyelidiki proses pembelian tersebut,” tandasnya. Dia juga mengatakan, selama ini TNI sudah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Namun bila ada kejanggalan, pihaknya mempersilakan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menyelidikinya.
http://suaramerdeka.com/v1/index.php…afis-Indonesia

Pemerintah Diminta Tidak Asal Beli Tank Leopard
Senin, 16/01/2012 18:30 WIB

Jakarta – Rencana Kementerian Pertahanan (Kemenhan) melengkapi alat utama sistem persenjataan (alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan peralatan canggih tidak akan dihalangi. Meski demikian, bukan berarti Kemenhan dan TNI bisa asal membeli alutsista. "TNI harus selektif dan yang dipilih alutsista yang cocok dengan medan di Indonesia agar berguna untuk tugas-tugas pertahanan, baik di perbatasan atau di wilayah lainnya yang terancam oleh negara lain," ujar anggota Komisi I DPR, Tjahjo Kumolo, lewat pernyataan tertulis kepada wartawan, Senin (16/1/2012).

Pernyataan Tjahjo itu terkait rencana pemerintah membeli 100 tank Leopard 2A6 bekas dari Belanda senilai Rp 12 triliun. Menurut dia, tank Leopard cocok untuk negara kontinental dengan wilayah daratan yang luas. Tank jenis itu memiliki kemampuan tembak hingga 6 kilometer. Sedangkan, yang cocok untuk NKRI adalah jenis tank dengan kemampuan menembak lurus dengan jarak 1-2 kilometer. "Jangan asal beli alutsista yang tidak disesuaikan dengan kondisi medan wilayah Indonesia. Jadi hanya akan tidak efektif dan hanya bisa dipakai pameran kekuatan atau gagah-gagahan saja," ujar sekjen DPP PDI Perjuangan ini. Tjahjo mengatakan mayoritas anggota dan fraksi di Komisi Pertahanan juga menilai pembelian Leopard tidak sesuai dengan geografis Indonesia. "Kalau pun TNI tetap bersikeras membeli, ya silakan. Tapi sangat wajar kalau akhirnya Komisi I DPR mempertanyakan ada apa soal pembelian tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Pramono Edhie, menegaskan Indonesia membutuhkan tank kelas berat untuk menjaga integritas NKRI. Makanya TNI AD akan melakukan modernisasi alutsista, salah satunya pembelian tank Leopard, meski bekas. "Negara tetanga saja punya main battle tank (tank kelas berat). Kita? Medium saja tidak punya," ucap Pramono Edhie saat jumpa pers di Gedung Kemenhan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, siang tadi.

Menurut Pramono, keunggulan tank Leopard salah satunya yaitu mampu beroperasi di dalam genangan air dengan kedalaman 4 meter. Selain itu memiliki daya tembak peluru untuk sasaran jauh yang akurat. "Untuk harga kita masih lakukan penawaran, bagi mereka yang curiga ada indikasi korupsi. Silakan ikut kita ke Belanda nanti untuk melakukan penawaran, tapi ongkos ke Belandanya bayar masing-masing," pungkas Pramono sambil tertawa.
http://www.detiknews..com/read/2012/…ard?n991103605

TB Hasanudin : Tank Leopard Tidak Bisa Digunakan di Indonesia
Rabu, 11 Januari 2012 18:16

Jakarta, Seruu.com – Komisi I DPR akan berkunjung ke Belanda. Mereka ingin bertemu anggota legislatif Belanda. "Rencananya kami akan ke sana untuk bertemu anggota legislatif Belanda yang tak setuju pembelian 100 Leopard," kata Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin di DPR, Jakarta, Rabu (11/1). Rencana tersebut, menurut Hasan, dicanangkan guna menindaklanjuti ketidaksetujuan DPR Belanda atas pembelian 100 tank Leopard yang dibeli TNI AD dari militer Kerajaan Belanda.

Tank Leopard dinilai terlalu besar untuk wilayah Indonesia. Sementara, alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang diperlukan militer Indonesia bukanlah jenis tank besar. "Yang dibutuhkan TNI Angkatan Darat bukan tank Leopard yang besar. Okelah Singapura. Tapi mereka punya dataran tinggi yang berbatasan dengan Malaysia. Sementara Indonesia untuk apa?" tanya politikus PDI Perjuangan itu.

Hasan menyebut, alutsista yang dibutuhkan Indonesia adalah yang medium. Ia heran mengapa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono malah membeli tank tersebut. "Pindad sudah membuat tank medium. Saya bahkan sudah lihat. Anehnya Presiden SBY perintahkan bikin tank, tapi belinya dari Belanda," ucapnya. Sebagai bekas perwira TNI Angkatan Darat Hasan mengaku paham betul persenjataan yang dibutuhkan bekas koorpsnya itu. "Tank itu punya kekuatan jika berjalan seshaf (sejajar). Nah kalau Leopard digunakan di Indonesia, akan jalan beriringan. Jadinya kurang ada tenaganya. Jadinya untuk apa," kata Hasan lagi. Karena itu, Hasan menilai pembelian 100 tank Leopard tak ada gunanya. "Ya gak bisa jalan di Indonesia," kata Hasan
http://mobile.seruu.com/utama/nasion…n-di-indonesia

IPW Cium Ada Orang Dekat Cikeas di Balik Proyek Pengadaan Tank dari Belanda
Rabu, 11 Januari 2012 , 09:20:00 WIB

RMOL. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus mencermati proyek pengadaan 100 unit tank Leopard A3 dari Belanda untuk TNI. Demikian disampaikan Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane, Kepada Rakyat Merdeka Online beberapa saat lalu (Rabu, 11/1). "Sebab dikhawatirkan ada unsur KKN dan gratifikasi dalam proyek senilai Rp 12 triliun ini," kata Neta, yang juga Deklarator Pengawas KPK.

Neta mengatakan mendapat informasi ada pihak-pihak tertentu yang dekat dengan Cikeas dan sangat aktif melobi kalangan Komisi I DPR agar mendukung pembelian 100 tank tersebut. Bahkan, sejumlah anggota Komisi I akan diboyong pihak pelobi ke Belanda pada akhir Januari ini untuk melihat kondisi tank tersebut. Karena itu Neta mendesak KPK untuk menelusuri proyek ini sehingga dana alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI yang sangat terbatas ini tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk membeli alat-alat militer yang tidak tepat guna dan mubazir nantinya. "Komisi I DPR juga harus menolak pembelian tank tersebut," demikian Neta.
http://www.rakyatmerdekaonline.com/news.php?id=51626

————–


inilah tank-tank Leopard-2 milik Belanda itu di kandangnya

Kalau alasan DPR menolak pembelian 100 itu karenaMBT Leopard-2 tak cocok untuk medan di Indonesia, kenapa kok hampir semua negara di Asia Tenggara yang medan dan topografisnya mirip, dari dulu sudah beli? Emangnya analis militer dan Jenderal-jenderal mereka lebih goblog dan anggota DPR Indonesia saja yang lebih pintar?Singapore punya tank Centurion dan Leopard-2; Malaysia punya tank T-72 yang dikembangkan menjadi PT-91M; Thailand punya tank Amerika M60A3 dan M48A5 Patton serta tank Rusia T-84; Myanmar punya tank T-72 bekas ukrania; Vietnam, Kamboja, dan Laos didominasi tank kelas menengah asal Rusia atau Ukraina T-54/55/62 dan tank serupa produksi RRC seperty Type-59/69/79/88. Vietnam memiliki armada MBT kelas menengah terbesar dengan jumlah lebih dari seribu unit yang diretrofit. Sementara di Selatan, Australia pada 2006 mengganti armada MBT lamanya Leopard AS1 dengan 59 unit tank M1A1. Hanya Filipina dan Indonesia yang tak memiliki MBT sampai saat ini.

Ada alasan penolakan lainnya daridan LSM DPR, yaitu adanya kecurigaan praktek korupsi dan KKN dalam proses pembelian MBT Leopard-2 dari Belanda itu. Tapi bukankah pihak TNI mempersilahkan DPR menggunakan jasa KPK untuk mengawal proses pembelian itu sejak awal nanti, sehingga kalau ada korupsi dan KKN bisa terawasi dan transparan.

Makanya ada yang nyeletuk, jangan-jangan orang-orang di DPR itu ramai-ramai menolak gara-gara rencana mekanisme pembeliannya memakai skema "G to G". Model ini memang duitnya seret, dan tidak semua orang ‘kecipratan’ rezeki, termasuk anggota Dewan tentunya. Yang lebih sadis, ada pula yang menuding kalau orang-orang DPR boleh jadi sudah di lobby oleh kekuatan asing, asing jangan sampai Indonesia bisa memiliki MBT Leopard itu karena mengancam negara tetangganya. Atau, ada negara lain yang punya stock MBT lainnya, tapi gara-gara rencana pembelian dari Belanda itu, jadi tak bisa negaranya memasarkan MBT-nya ke Indonesia. Makanya mereka suka juga menyindir TNI, kok MBT-nya yang dipilih Leopard-2 dari BElanda? kenapa bukan MBT lainnya saja? Padahal, pembelian MBT Leopard-2 itu memang ada kaitannya dengan harganya yang murah gara-gara negara-negara Eropa sedang memotong anggaran pertahanannya saat ini akibat krisis ekonomi Eropa. Belanda ‘terpaksa’ mempersinkan dengan cepat tank-tank Leopard-2 yang baru dibelinya tahun 2003 lalu.

Di ASEAN, Hanya Indonesia yg Belum Punya MBT. Mau Beli Leopard-2, DPR & LSM Menolak

Info yg dicari : alutsista malaysia terbaru html, mbt indonesia, jumlah tank indonesia 2012, Kekuatan alutsista tni, mbt tni, tank indonesia 2012, keunggulan tank leopard, tank leopard belanda, jumlah tank indonesia, tank mbt indonesia,

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. 36 Responses to “Di ASEAN, Hanya Indonesia yg Belum Punya MBT. Mau Beli Leopard-2, DPR & LSM Menolak”

  2. lanjut saja pembelian leopard, kalian yg lebih tahu medan juga apa yg diperlukan TNI. daripada penghamburan uang yg banyak dilakukan DPR

    By iip rusmawan on Jan 22, 2012

  3. maklum la mungkin DPR gk dapat cipratan Uang dalam pembelian tank.
    coba pengadaan yg gk berguna tapi DPR dapat cipratan uang pasti DPR setuju. seperti perbaikan toilet sampai 2 milyar. dan perbaikan studiun rapat DPR menghabiskan dana milyara, tanpa ada komentar DPR langsung setuju….!!
    maju TNI AD.

    By hairiyansyah putra on Jan 22, 2012

  4. lanjutkan TNI…. entar kalo udah dibeli tanknya.
    arahkan moncong tank ya ke kantor dewan DPR kalo mereka korupsi langsung tembak aj.
    kan TNI paling setia ama pancasila.
    dari pada membentengi dari musuh luar padahal musuh dari dalam yang paling berbahaya.
    papua merdeka hanya segelintir orang yg merasa tidak mendapatkan keadilan, makanya mereka memberontak, hak – hak mereka diambil oleh orang yg tdk bertanggung jawab, seperti pejabat – pejabat koruptor itu yng harus di basmi lebih dulu. tegaslah TNI habisi para penghianat negeri jayakan PANCASILA. BUKTIKAN KALO TNI SETIA SAMA PANCASILA.

    By hairiyansyah putra on Jan 22, 2012

  5. bravo TNI. saya setuju TNI beli leopard, krn kita blm punya MBT.tapi jgn terlalu banyak.tetap utamakan produk lokal.saran sy klo TNI ingin beli leopard, kasih tuh komisi duit buat anggota DPR kita yg sok mulia.biar mereka tambah kaya sedangkan rakyat yg diwakili mereka tambah miskin.

    By andre on Jan 23, 2012

  6. Kayaknya tank yang mau dibeli lebih tepat untuk membumkam mulut-mulut anggota dewan yang banyak bacot, sok pinter, sok membela rakyat, gak peka keadaan, korup, males kerja, boros anggaran . . . . .

    By Roedo on Jan 24, 2012

  7. kalo beli yg baru tni ga ada uangnya,,,uangnya sdh hbs dipake renovasi gedung dpr yg katanya buat bapak2 terhormat itu,,,tni cuma dapat tank bekas saja diributkan,,padahal mereka mempertaruhkan nyawa buat negri ini…bukannya banyak bacot kayak juragan2 di dpr itu,pada sok tau,sok benar semua,,ga ada malu….apapun terjadi hidup tni,,kalianlah yg paling terhormat,,,,,,,,

    By rambo on Jan 24, 2012

  8. ini kan kebetulan harganya murah walaupun bekas terus kelas tank nya diatas rata-rata….maaf ya saya orang biasa tapi wajar dong TNI memperkuat ALUTSISTA nya…ambil aja Leopard nya….kalo ada kecurigaan silahkan dikawal ama KPK….indonesia skrg ini banyak orang pintar…PINTAR NGOMONG…..bravo TNI….

    By Adie on Jan 24, 2012

  9. mau nya dpr tu apa sih memangnya leopard mau beroprasi seperti angkot ke apa jalan -nya gak sesuailah medan nya gak sesuailah gak masuk diakal tang itu buatjaga2 sewaktu2emang kita cuman ngandalin personil doang pertahanan kuat negara2 bisa jadi negara kuat jadi nantinya dak di lecehen terus sama malaysia jgn2 dpr tu pro malaysia dpr bobrok asuuuu

    By ahmat jury on Feb 8, 2012

  10. dpr sok pintar sok tai anjing dpr dpr wakil rakyat gak taunya memakan duit rakyat .I.

    By ahmat jury on Feb 8, 2012

  11. sebenarnya DPR ini maunya apa sih sudah sok tau and belaga pintar lagi kayak ngerti masalah tank aja sih

    By ferdy on Feb 16, 2012

  12. tar nanti kalau giliran malaysia ngganggu perbatasan baru deh pada sadar and ngoceh trus ujung2x ngatain TNI g becus lah,g punya taringlah padahal mereka tau apa sih masalah tank,kalau personel sih kita banyak tapi kalau dihadapkan dengan tank (MBT)ya kita pasti K.O saya dukung TNI maju terus jangan pantang mundur.

    By ferdy on Feb 16, 2012

  13. LEOPARD ITU COCOK DI INDONESIA ! KALAU TIDAK COCOK TNI TIDAK BAKAL MEMILIH LEOPAD ! TNI LEBIH BERPENGALAMAN DI BIDANG MILLITER KETIMBANG DPR , DPR BOLEH KASIH USUL TAPI JANGAN MELARANG !

    By doan on Feb 18, 2012

  14. Maklum, untuk menjadi anggota DPR butuh modal besar. Setelah jadi, atas nama rakyat mereka akan memanfaatkan jabatan, wewenang dan tugas mereka dengan menghalalkan segala cara untuk mencari keuntungan sebesar besarnya tanpa mempedulikan kemakmuran dan kejayaan negeri ini.Apakah semua nggota DPR seperti ini?

    By surya on Feb 18, 2012

  15. namanya juga tank pasti bisa di semua medan..kecuali di atas gedung DPR..bisa-bisa rubuh nanti gedungnya…hiii, maju terus pantang mundur TNI, kalo bisa beli 200 tank

    By kuya batok on Feb 27, 2012

  16. apa seh kerjanya orang2 di DPR…selain tidur,baca koran..sama nonton 3Gp..kalo ada kasus yg besar, baru dah pada cari muka biar di lihat rakyat,dan di anggap pahlawan tapi kesiangan..padahal rakyat udah mual liatnya….

    By kuya batok on Feb 27, 2012

  17. cepet lakh bli leopard buat jaga2 sewaktu kita perang….
    indonesia kan negri yg kaya raya,,tetapi uangk nya di pake apa aja,,?? indonesia negri yg penuh korupsi jika uang nyan gx di pake korupsi saya yakin indonesia bisA beli alat perang yg canggih terutama “leopard”
    dpr jangan banyak alasan segala tank leopard tidak sesuai medn di indonesia ngomong ajha dpr dari pada bli tank leopard mendingan korupsi ajha ,,,
    itulah pikiran dpr ,,,!!!! maju indonesia jangan dengerin omongan dpr yg gx tau diri lebih baik memikirkan diri nya sendiri dari pada memikirkan rakyat nya dan peralatan perang yg canggih tempo perang mahk indonesia teu boga leopard dpr bakal “isdeat” ,,,
    warga indonesia akn kecewa bila mana indonesia tak punya alat -alat perang canggih seperti “leopard” dan warga indonesia juga akan lebih kesusahan bila mna dpr korupsi tak henti_hentinya dpr mnyakitkan hati rakyat,,
    BY:feby

    By feby indriana on Mar 16, 2012

  18. wah susah kalau gini, ngirit efektiflah. kalau dah ngurusi komisi susah jadinya. cape deh

    By slamet riyadi on Mar 20, 2012

  19. Sudahlah jg pikirkan harga pikirkan NKRI

    By dwi bima praku on Mar 22, 2012

  20. kalo DPRnya ngak kena komisi pasti nolak deh….

    By tommy on Mar 26, 2012

  21. Kutuk kupret itu orang2 yang bilang leopard tidak cocok di indonesia.. Bilang aja ga cocok karena ga dapat duit!!

    By leno on Mar 31, 2012

  22. kalo bisa se jangan beli. bikin sendiri aja. di indonesiakan banyak orang pinter… harus di manfaatin.

    By boim on Mar 31, 2012

  23. senjata yg paling cocok untuk indonesia adalah bambu runcing. di jamin dah… negara manapun gx ada yg punya selain indonesia.

    By boim on Mar 31, 2012

  24. lanjutkan TNI….saya orang biasa tapi wajar dong TNI memperkuat ALUTSISTA nya…ambil aja Leopard nya….kalo ada kecurigaan silahkan dikawal ama KPK….…..bravo TNI

    By andri on Apr 4, 2012

  25. Sy dukung TNI…wajar dong TNI memperkuat ALUTSISTA nya…ambil aja Leopard nya….kalo ada kecurigaan silahkan dikawal ama KPK….…..bravo TNI Bravo Indonesia

    By andri on Apr 4, 2012

  26. bagaimana dengan PT.PINDAD
    capek dech..

    By gatot on Apr 5, 2012

  27. saya sangat setuju dengan pengadaan 100 tank MBT Leopard….
    seharusnya para anggota DPR setuju dengan rencana tersebut….
    singapura aja punya tank MBT massa indonesia nggax padahal daratan indonesia Lebih Luas dari pada singapura

    By suary on Apr 25, 2012

  28. Naaah… lucunya DPR ini, DPR orang Politik, DPR bukan TNI, berbicara Tank Leopard tidak cocok di Indonesia, DPR ngomongnya, Tank Leopard tidak bisa masuk hutan lah, emangnya Tank Leopard masuk hutan mau perang dengan binatang, tank berat malingsia aja nggak mau masuk hutan,perang atar tank yaa.. terbuka,pantas aja DPR dari PDI Perjuangan yang ngomong,asal celoteh aja, ingat nggak DPR dari PDI perjuangan gentol-getolnya memperjuangkan mencabut Infor Beras, alasanya memperjuangkan Petani,PDI Perjuangan tidak membela kaum Buruh, ada Buruh angkut, Ojek, kakilima, tukang becak, buruh bangunan dllsbgnya,ingaatt…TB.Hasanudin rakyat perlu makan atau beras,nggak perlu jabatan,introfeksidooong…PDIP,membela kaum Tani kok tambah melorot Partaimu, karena yang kamu pejuangkan kaum Tani sedikit buuung.., banyak Kaum Buruh, masalah Tank Leopard gentol banget TB.Hasanudin memperjuankan supaya TNI nggak jadi beli Tank Leopard, ingaaat..Bapak TB, tank Malingsia sudah diperbatasan, Anda TB diam aja nggak usah komentar,TNI yang lebih tau soal perang, bukan anda,ok maju terus TNI Rakyat percaya TNI Jaya Indonesiaku

    By rahmadi on May 6, 2012

  29. DPR ANJING BANYAK ALASAN TANK LEOPARD TIDAK COCOK DI INDONESIA, TIDAK SEPERTI MERENOPASI PASILITAS RUANGAN, KORUPSI HABIS HABISAN, DAN JALAN JALAN BERBONDONG BONDONG KE LUAR NEGRI BEGITU SEMANGATNYA,PADAHAL DANA YANG DIPAKE BOROS BOROS OLEH DPR MELEBIHI HARGA TANK LEOPARD.DPR SO TAU, BANYAK BACOT,SPESIALIS KORUPSI,PENUH DOSA,TULI TERHADAP RAKYAT,DIRINDUKAN NERAKA KARNA PERBUATAN TIDAK BAIKNYA

    By FENYU on May 10, 2012

  30. DPR TAK BERGUNA

    By M on May 10, 2012

  31. dpr,laknat,terkutuk…anak,istri kalian makan uang hasil rampokan, allah pasti akan memberi azab pada kalian…Bravo TNI, g usah dengerin orang2 terkutuk itu, klw dah beli tank, suruh mnusia2 laknat itu berbaris, lalu di lindas pake tank,

    By amal on May 17, 2012

  32. buat apa TNI beli tank??? untuk ngebom rakyat ya??? di kasih pistol aja untuk nembak rakyat apa lg di kasih tank.. abis lah indonesia…

    By tni anjing on May 22, 2012

  33. WOY YG KOMEN DODOL SEMUA… NGAPAIN BELI LEOPARD SECOND DARI BELANDA.. TU KALO MAU ORDER DI PT.PINDAD.. BENER TU KATA DPR.. BUAT APA SBY NYURUH PT.PINDAD BIKIN TANK KALO UJUNG-UJUNGNYA BELI LEOPARD DARI BELANDA ANJING…

    By YANG KOMEN GAK PUNYA OTAK SEMUA on May 22, 2012

  34. ambil tes uji coba baru comen

    By danil on May 22, 2012

  35. HUUUUFTTT..
    NGOMONGE NGELANTUR SEMUA,,
    KALIAN KAN BUKAN TNI,,BUKAN PULA DPR,,
    NGAPAIN NGOTOT2 BAHAS YG GA PERLU…

    UDAH LAH..BIARKAN AJA..MO BELI TANK KEK..NKLIR KEK…ITU URUSAN MEREKA..

    KITA NONTON AJA LAH…CARI DUIT AJA BUAT MAKAN.
    IBADAH SESUAI KEPERCAYAAN..
    MENERIMA YG JADI BAGIAN KITA…
    UDAH ADA BAGIANNYA SENDIRI2 KOK..OK…????

    By Jembut Ngawet on May 23, 2012

  36. oi DPR jangan bnyak bacot lo, sok tahu tentang tank segala , TNI lebih tau nggak …..
    lo itu cma bisa mikirin uang terus and korupsi…
    katanya perwakilan rakyat tpi nggx mikirin rakyat and kesatuan NKRI…
    TNI beli aja tank leopard nggk usah mikirin DPR yang sok tahu… Bravo TNI….

    By fajar on Nov 24, 2012

  37. snetar lg akan Pemilu … muka2 yg banyak bacot itu ditandai saja … kita lihat aja mrk itu, ntar seperti pengemis, nelongso, munafik … sabis itu klo sdh kepilih, dadanya membusung .. sombong, angkuh, sok pinter, sok suci, …

    By Chairil on Nov 25, 2012

Post a Comment