Data dan Fakta Kenaikan Harga BBM di Indonesia

March 24, 2012 – 10:28 pm

Assalamu’alaikum Wr.. Wb..
[Kaskus'ers yang baik kudu jawab salam]
:cool

Ayo Kita Menuju TKP
Brum :ngacir2 Brum

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah tak punya alasan apapun untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Demikian dikatakan pengamat ekonomi Kwik Kian Gie dalam acara forum bersama konsolidasi kebangsaan di Yogyakarta, Kamis (15/3).

Mantan Menteri Koordinator Perekonomian itu meragukan alasan pemerintah menaikkan harga BBM untuk menyelamatkan APBN dari defisit. Ia pun menghitung anggaran pemerintah dalam lembar APBN. Hasilnya, bila harga BBM tak dinaikkan, APBN akan memiliki sisa kurang lebih Rp97 triliun.

Ia mengaku penghitungan itu berdasarkan pada nilai pembelian bahan mentah pemerintah dari PT Pertamina, nilai impor BBM, besaran kebutuhan, dan harga minyak dunia yang berada di level 105 dolar AS per barel. Ia pun menyesuaikan perhitungan itu dengan nilai mata uang di level Rp9 ribu per dolar AS.

Kwik menegaskan sanggup mempertahankan perhitungan tersebut bila memang diperlukan. Dia menambahkan bila pembatalan kenaikan tidak segera dilakukan, bukan tidak mungkin perekonomian akan semakin merosot dan situasi keamanan dalam negeri cenderung kacau.

Sumber :

Spoiler for Sumber:
[http://www.metrotvnews.com/read/news...ap-Ada-Sisa/2]

Data dan Fakta Kenaikan Harga BBM di Indonesia

*Indonesia menghasilkan 930.000 Barel/hari

*1 Barel = 159 Liter

*Harga Minyak Mentah = 105 USD per Barel

*Biaya Lifting+Refining+Transporting (LRT) = 10 USD per Barel = (10/159) x Rp.9000 = Rp.566 per Liter

*Biaya LRT untuk 63 Milyar x Rp.566 = Rp.35,658 Trilyun

*Lifting = 930.000 barel per hari, atau = 930.000 x 365 = 339,450 juta barel per tahun.

*Hak Indonesia adalah 70%, maka = 237,615 juta barel per tahun

*Konsumsi BBM di Indonesia = 63 Milyar liter per tahun, atau dibagi dengan 159 = 396,226 juta barel per tahun

*Pertamina memperoleh dari konsumen = 63 Milyar liter x Rp.4500 = Rp.283,5 Trilyun

*Pertamina membeli dari pemerintah = 237,615 juta barel @USD 105 x Rp.9000 = Rp.224,546 Trilyun

*Kekurangan yang harus di IMPOR = konsumsi BBM di Indonesia – Pembelian Pertamina ke pemerintah = 158,611 juta barel = 158,611 juta barel @USD 105 x Rp.9000 = Rp.149,887 Trilyun

KESIMPULAN:

1. Pertamina memperoleh hasil penjualan BBM premium sebanyak 63 Milyar Liter dengan harga RP.4500 yang hasilnya Rp.283,5 Trilyun

2. Pertamina harus impor dari pasar Internasional Rp.149,887 Trilyun

3. Pertamina membeli dari pemerintah Rp.224,546 Trilyun

4. Pertamina mengeluarkan uang untuk LRT 63 Milyar Liter @Rp.566 = Rp.35,658 Trilyun

5. Jumlah pengeluaran Pertamina Rp.410,091 Trilyun

6. Pertamina kekurangan uang, maka pemerintah yang membayar kekurangan ini yang di Indonesia pembayaran kekurangan ini disebut “SUBSIDI”

7. Kekurangan yang dibayar pemerintah (SUBSIDI) = jumlah pengeluaran Pertamina dikurangi dengan hasil penjualan Pertamina BBM kebutuhan di Indonesia = Rp.410,091 Trilyun – Rp.283,5 Trilyun = Rp.126,591 Trilyun

8. Tapi ingat, pemerintah juga memperoleh hasil penjualan juga kepada Pertamina (karena Pertamina juga membeli dari Pemerintah) sebesar Rp.224,546 Trilyun.

9. Maka kesimpulannya adalah: PEMERINTAH MALAH KELEBIHAN UANG, yaitu sebesar perolehan hasil penjualan ke Pertamina – kekurangan yang dibayar Pemerintah (SUBSIDI) = Rp.225,546 Trilyun – Rp.126,591 Trilyun = Rp.97,955 Trilyun

Spoiler for Artinya Bahwa:

Artinya: PEMERINTAH KELEBIHAN UANG, jadi argument bahwa APBN jebol adalah sangat tidak benar dan BBM tidak pantas untuk dinaikkan karena hanya bikin kesengsaraan serta menambah angka kemiskinan di kalangan rakyat menengah ke bawah.
Hal inilah yang tidak pernah disampaikan oleh Pemerintah kepada masyarakat, sekalipun banci-banci media massa.

sumber: Drs. Kwik Kian Gie. Dalam acara Round Table Discussion di Universitas Taman Siswa di Yogyakarta, Kamis, 15 Maret 2012

10 negara di dunia yang memiliki harga BBM termurah.

1. Venezuela : Rp.585/liter

2. Turkmenistan : Rp.936/liter

3. Nigeria : Rp.1.170/liter

4. Iran : Rp.1.287/liter

5. Arab Saudi : Rp.1.404/liter

6. Lybia : Rp.1.636/liter

7. Kuwait : Rp.2.457/liter

8. Qatar : Rp.2.575/liter

9. Bahrain : Rp.3.159/liter

10. Uni Emirat Arab : Rp.4.300/liter

Alas an pemerintah menaikkan harga BBM adalah karena naiknya harga minyak dunia. Alasan ini sesungguhnya pengakuan bahwa Indonesia sebagai sebuah Negara telah kehilangan prinsip dasar sebuah Negara, yaitu kedaulatan untuk mengatur negaranya dan memberikan yang terbaik bagi rakyatnya sendiri.

Buruh dan BBM selalu jadi komponen penting dalam biaya produksi yang kelak akan menentukan harga jual hasil produksi itu.

Untuk bersaing harga di pasar global, maka Negara yang menghargai keringat buruh/pekerja dan rakyatnya akan memilih menekan harga BBM dan menaikkan upah buruh atau pekerja sebaik-baiknya.

Lain di Indonesia, yang terjadi justru sebaliknya. Upah buruh atau pekerja ditekan semurah mungkin dan harga BBM dinaikkan setinggi mungkin.

Mohon Responnya Agan Sista.. Salam semua..
:ilovekaskus:ilovekaskus:ilovekaskus

Jayalah Negeri Ku..
:iloveindonesia:iloveindonesia:iloveindonesia

Spoiler for Kalau Berkenan:
:cendolbig:cendolbig:cendolbig
Spoiler for atau ini juga boleh:
:rate5:rate5:rate5
Spoiler for asal jangan:
:batabig:batabig:batabig

Suka :cendolbig · Tambahkan sebagai Teman :shakehand2

Spoiler for yg udah ngasih ane cendol di trit ini:
Belum ada Gan..
:cendolbig:cendolbig:cendolbig

Mampir Kemari Gan

:toast

Spoiler for Mampir Gan:

Poll : PTN Terbaik di Indonesia 2011/2012 [Menurut Agan Sista]
55 Mahluk Mitologi yang Melegenda di Dunia
10 Penemu Hebat dari Indonesia yang Terkenal di Internasional
Yang Belum Bisa "SOTOSOP" — Sini Masuk
Pulau Pulau Menyeramkan di Dunia
15 Desain Kampus Terunik Sekaligus Termewah
Harmonika [Alat Musik Yang Mulai Terlupakan]
Motivasi 15 Diet Terunik Sepanjang Sejarah
Seekor kepiting jantan bisa mencapai ukuran 40 cm
15 Daftar Penyakit Yang Disebabkan oleh Rokok
[Hati Senang] == ™..Ane Udah Jadi KASKUS’ers..™
Nu Bie Cuy.. Di bimbing ya Gan biar jadi KASKUS’ers yang Baik dan Tidak Sombong..

:tabrakan:

Data dan Fakta Kenaikan Harga BBM di Indonesia

Info yg dicari : fakta kenaikan bbm, sejarah kenaikan bbm di indonesia, data kenaikan harga bbm, data kenaikan bbm, sejarah kenaikan bbm, sejarah kenaikan bbm indonesia, fakta kenaikan bbm 2012, sejarah harga bbm, sejarah kenaikan harga bbm di indonesia, sejarah harga bbm indonesia,

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. 8 Responses to “Data dan Fakta Kenaikan Harga BBM di Indonesia”

  2. dl sy suka nonton acara metro tv, skrg mau nonton aja sy udh mau muntah, ini profokator dr media, tutup saja, bilang sm politikus didalam sana (metro tv), sabar bung, SBY gk jd calon lg kok untuk selanjutnya, kl masyarakat percaya pada anda pst terpilih kok, jngn ganggu yg sdh berjalan baik ini, jgn berpolitik dngn cara sprti tikus rakus.. uh…tp msyarakat udh mulai gerah dngn anda, blum diungkapkan aja kepublik, sebagian sdh ada, yg sy ikutin perkembangannya sll mojokin pemerintah, jelek2in pemerintah, gila apa ya, kyk yg terlalu hbt bener anda2 ini jd presiden, mendingan jualan koran aja deh, jngn suka ngerecokin yg sudah berjalan bagus, indonesia skrg sdh mulai jaya loh, tp pst ada sangkalan dr anda, harapan sy SBY bisa jd presiden seumur hidupnya, bener2 jd panutan kt, maju terus SBY…

    By SBY on Mar 25, 2012

  3. atas gw,,,TOLOL APA BUTA LO ? LIAT BERAPA BANYAK RAKYAT KELAPARAN DI INDONESIA. PRESIDENNYA ENAK2AN JALAN2, NONTON2,……..KAGAK ADA KERJAANNYA KECUALI CUMA NGOMONG “SAYA PRIHATIN”

    KWKWKWWK

    By PEMBUNUH RAKYAT on Mar 28, 2012

  4. Kwik Kian Gie, goblok,, bego,, otaknya tolol,, dia menghitung semau nya aja kaya anak TK.. dia menghitung bahwa seluruh minyak mentah itu semuanya jadi bensin premium, si goblok Kwik Kian Gie, tidak menghitung kalo minyak mentah juga jadi aspal, dan minyak tanah, si goblok Kwik Kian Gie, emang provokator,, dasar komunis. antek IMF.

    By Charin on Mar 29, 2012

  5. JANGAN merasa dengan popularitas dan kehebatan kalian semuua yang kalian dapatkan, Menjadi Mesin Pembunuh Bangsa SENDIRI….!!!!
    ………..APAKAH KALIAN ADALAH FIRAUN MODERN,,??.. BELAJARLAH BERFIKIR DENGAN ORANG BODDOH..

    By fiqri on Mar 30, 2012

  6. sebenarnya permasalahn BBM bukanlah hal yang baru kita rasakan. dahulu, sejak zaman bu mega pun uda dinaikin tuuh BBM. tpi ga kya gni bgt demo nya. nah, knp skrg malah jdi gni? coba kita renungkan bersama.

    data terbaru memang benar terkait kenaikan minyak dunia yang meroket jauh harganya. belum lagi ada wacana penutupan selat hormus oleh iran. nah, klo iran uda nutup tu selat, bakal jauh lebih mahal minyak dunia tuuh. naah, makanya untuk antisipasi itu,pemerintah mw naikain harga BBM. lgan klo BBM naik,pemerintah pun sudah nyiapin cara buat nyelamatin rakyat terutama rakyat miskin. pemerintah bakal ngasi subsidi yg lbh bnyak k rakyat miskin. BBM dinaikkan juga untuk membela rakyat.selama ini subsidi BBM tu ga tepat sasaran. bayangkan aja laah, BBM murah dg uang subsidi pemerintah tpi yg diuntungkan tuu orang kaya. mereka yg pake2 mobil mewah, masi aja pke premium. naah, berarti kaan itu ga tepat sasaran pemerintah.

    lgan kenaikan harga BBM juga merupakan salah satu cara baik agar masyarakat mau hemat BBM. jangan boros. ingat,kita itu ga bisa ngolah minyak,wlupun potensi minyak kita banyak. semuanya serba beli dari luar. klo ga hemat penggunaan minyak, tinggal itung tahun aja minyak kita abis.

    jadi, tolong d renungkan lagi deh.
    yg ngaku mahasiswa pintar dan berpendidikan,klo mw demo ya silahkan. tapi caranya kan juga bisa baek2…klo gni kan rakyat juga kasian,. wong demo aja ngerusakin mata pencaharian masyarakat. penjual gorengan pun kena imbasnya. katanya bela masyarakat, tpi kq gtuu

    MIRIS BANGET

    By berpikir netral on Mar 30, 2012

  7. analisis anda saya rasa kurang bagus, seolah-olah minyak mentah tu semuanya jadi premium. TIDAK saudara, hitung juga aspal, minyak tanah,
    sebagai informasi dari situs resmi mentri esdm, indonesia menghasilkan 1,2 juta barel per hari

    By toni on Mar 31, 2012

  8. NAIK2 HARGA BBM …
    TINGGI-TINGGI SEKALI…
    KIRI-KANAN KU LIHAT DEMO….
    BANYAK MAHASISWA TURUN KEJALAN…

    By sebastianirje on Apr 2, 2012

  9. kwik ini tidak paham dg economic value.maklum udah tua,degradasi otak
    An economic value is the worth of a good or service as determined by the market.
    di kampung saya petani cabe yg lulus SD aja ngerti. petani tau kalo harga pulang pokok cabe sekitar RP12000 per KG, kalo dijual RP 15000 per KG udah untung, tapi kalo harga dipasar Rp 50000 petani itu akan menjualnya dg harga Rp 50000, bukan Rp 15000 meski masih untung. petani nga segoblok kwek2 ini.ada opportunity loss disana.
    mengenai pasal 33. silah kan negara mengusai sumber alam dan gunakan untuk sebesar2 kemakmuran rakyat, bangun infra,pengetasan kemiskinan,pendidikan.bukan dibagi2 dipinggir jalan dg harga murah terus dibakar dijalan macet.silahkan dikuasai negara,jual dg harga pasar trus untungnya dipakai buat pembangunan dan pemberantasan kemiskinan.uang 200 triliyun itu kalo dibagi dg 30 juta rakyat miskin masing2 akan dapat 6.5 jt rupiah, bisa beli sapi, terus beranak pinak.kalo kita punya tambang emas yg besar jangan emasnya dibagi2 dipinggir jalan, tapi juallah emas itu dg harga pasar. hasilnya dipakai untuk meningkatkan taraf hidup,kemakmuran. jangan dipahami pasal 33 secara picik.
    perlu dikembangkan kendaraan listrik,tranportasi masal, BBG,bahan bakar nabati, solusi alternatif inilah yg perlu disubsidi.liat jakarta karena infrastrukturnya buruk dan tidak ada layanan transortasi yg memadai. 13 produktivitasnya menguap dijalan…
    pikir dong pikiirr…kwek2. uangnya mending dipake buat ini.liat di jerman orang kota malas make mobil karena angkutan masalnya nyaman nyaman.

    By doni on Apr 16, 2012

Post a Comment