Boss Besar Korupsi Wisma Atlit Mulai Mengarah ke Andi Mallarangeng?

February 6, 2012 – 10:26 pm
Angie Ternyata Pemegang Kartu Bos Besar
Senin, 06 Februari 2012 | 08:25 WIB

TEMPO.CO, Jakarta – Angelina Sondakh ditengarai sebagai orang kepercayaan Anas Urbaningrum dalam mengumpulkan keuntungan dari sejumlah proyek pemerintah. Menurut Ria Irsyad, pengacara M. Nazaruddin, terdakwa kasus suap Wisma Atlet, dugaan kerja sama Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat itu dengan ketua umumnya tersebut terlihat dalam pesan BlackBerry kepada Mindo Rosalina Manulang, Direktur Marketing PT Anak Negeri, perusahaan yang pernah dimiliki Nazaruddin.

Ria menuturkan, pesan yang terkuak dalam persidangan kasus kliennya itu menunjukkan bahwa Angie—sapaan akrab Angelina—kerap menanyakan proyek dan menagih duit kepada Rosa dengan istilah ”apel”. "Saat meminta duit ke Rosa, Angie sering menyebut istilah ‘Bos Besar’, yang tak lain adalah Anas," ujar Ria saat dihubungi kemarin. "Bukankah itu menandakan bahwa dia (Angie) memang media (perantara)?"

Komisi Pemberantasan Korupsi pada Jumat lalu menetapkan Angie sebagai tersangka penerima suap proyek Wisma Atlet SEA Games Palembang senilai Rp 191 miliar. Ketua KPK Abraham Samad memastikan memiliki bukti kuat untuk menjerat anggota Komisi Olahraga Dewan Perwakilan Rakyat itu. Tapi Abraham menolak membeberkan bukti-bukti itu. "Tidak boleh disebutkan karena menjadi bagian dari strategi penyidikan," ujarnya.
http://www.tempo.co/read/news/2012/0…artu-Bos-Besar

Inilah Aktor Utama Suap Wisma Atlet SEA Games
07 Desember 2011, 18:08:16

suarasurabaya.net| M Nazaruddin menyebut Andi Malarangeng, Angelina Sondakh dan Anas Urbaningrum aktor utama perkara suap wisma atlet SEA Games Palembang. Ini diungkapkan M Nazaruddin terdakwa suap wisma atlet SEA Games dalam sidang eksepsi atas dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Rabu (7/12/2011).

Dilaporkan Faiz reporter Suara Surabaya di Jakarta, Nazaruddin mengaku tidak pernah terlibat dengan menerima sejumlah uang dalam proyek pembangunan wisma atlet. Dia mengatakan, pengakuan Angelina Sondakh yang menerima uang sebesar Rp9 miliar dari Andi Mallarangeng, bukan hanya ia sendiri yang tahu. Karena dalam kesempatan itu hadir juga anggota Tim Pencari Fakta (TPF) Partai Demokrat, diantaranya Benny K Harman, Max Sopacua, Mahyudin, Mirwan Amir, M Nasir, dan Ruhut Sitompul.

Kata Nazaruddin, di hadapan TPF, Angie mengakui adanya penerimaan uang Rp9 miliar dari Menpora dan Wafid (Sesmenpora). Dia berharap pimpinan KPK yang baru nanti dapat menggelar kembali perkaranya sehingga kebenaran akan terungkap. Karena sejauh ini Nazaruddin mengaku tidak terima uang dari proyek pembangunan wisma Atlet SEA Games.
http://kelanakota.suarasurabaya.net/…25272011100743

Dituding Rosa, Andi Mallarangeng siap diusut
Selasa, 17 Januari 2012 15:08 wib

Sindonews.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng beberapa kali disebut oleh saksi sekaligus tersangka kasus suap Wisma Atlet SEA Games Mindo Rosalina Manulang atau Rosa dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) baru-baru ini. Diungkap Rosa, tim sukses Andi Mallarangeng meminta uang sebesar Rp500 juta untuk pemenangan Kongres Partai Demokrat yang digelar di Bandung. Selain itu, ada kucuran juga dana sebesar Rp20 miliar terkait proyek Hambalang.

Mendengar pihaknya diseret-seret dalam perkara itu, Andi hanya menanggapi santai dan mempersilakan jika dirinya akan diusut KPK. "Kalau ada bukti-bukti, kapan, siapa, di mana menerima dana, dari siapa, silakan diusut KPK," tantang Andi usai menghadiri acara Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Selasa (17/1/2012). Dirinya siap untuk diperiksa untuk mengkonfrontir pengakuan Rosa saat menjadi saksi persidangan dengan terdakwa Muhammad Nazaruddin. "Kapan saja saya siap diperiksa kok," tutur pria berkumis itu sambil tersenyum.

Ketika ditanya wartawan, apakah Andi akan memperkarakan kembali pengakuan yang membawa namanya itu, mantan juru bicara presiden akan menyerahkan semua kepada kuasa hukumnya. Seperti diberitakan sebelumnya, di hadapan majelis hakim Rosa blak-blakan menyebut sejumlah anggota DPR menerima uang dari PT Anak Negeri, perusahaan milik Nazar. Uang itu diberikan atas permintaan Angelina Sondakh. Sedianya uang itu dijadikan pelicin, agar Banggar segera mengucurkan dana untuk proyek wisma atlet dan Hambalang. Tidak itu saja, Rosa juga menyebut nama Gubernur dan sejumlah pejabat di Sumatera Selatan. Kemenpora pun ikut diungkap
http://www.sindonews.com/read/2012/0…ng-siap-diusut

Nazaruddin: Angelina Terima RP 9 Milyar dari Andi Mallarangeng
Rabu, 07 Desember 2011 13:23 WIB

Nazaruddin: Angelina Terima RP 9 Milyar dari Andi Mallarangeng WartaNews-Jakarta – Muhammad Nazaruddin menyebut bahwa aktor utama dalam kasus dugaan suap proyek pembangunan wisma atlet SEA Games di Palembang yang menderanya saat ini adalah rekan separtainya kala itu di Demokrat, Angelina Sondakh serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng. Bekas kader Partai berlambang Segitiga Mercy ini mengungkapkan hal tersebut dikarenakan dirinya merasa tidak pernah terlibat dengan menerima sejumlah uang dalam proyek pembangunan wisma atlet.

"Pada tanggal 12 Mei 2011, saya mendengar pengakuan Angelina di ruangan Ketua Fraksi (Jafar Hafsah) sekitar jam 4 sore sampai jam 7 malam," kata Nazaruddin saat membacakan nota keberatannya (eksepsi) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Rabu (7/12). Suami Neneng Sriwahyuni ini mengatakan, pengakuan Angie sapaan buat Angelina Sondakh, menerima uang sebesar Rp 9 miliar dari Andi Mallareng, tak hanya ia sendiri yang tahu. Karena dalam kesempatan itu hadir juga anggota Tim Pencari Fakta Demokrat di antaranya, ketua Komisi III DPR, Benny K Harman, Max Sopacua, Mahyudin, Mirwan Amir, M Nasir dan Ruhut Sitompul. "Ya, dihadapan TPF Angie mengakui adanya penerimaan uang Rp 9 miliar dari Menpora dan Wafid (Sesmenpora)," ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga mengatakan bukan hanya Angie yang mengaku menerima uang, karena Mirwan Amir menurutnya juga mengakui sendiri telah menerima uang senilai Rp 8 miliar dari Angelina. Uang tersebut diakui Mirwan selanjutnya dipotong Anas sebesar Rp 2 miliar dan pengurus fraksi sebesar Rp 1 miliar. Sedangkan yang Rp 5 miliar dipakai Mirwan Amir. "Saya sampai saat ini tidak pernah menerima uang yang dituntut JPU (Jaksa Penuntut Umum)," tegas Nazaruddin.
http://www.wartanews.com/read/Nasion…i-Mallarangeng


Nazaruddin menyebut Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Malarangeng terlibat dalam kasus pembangunan wisma atlet Sea Games. Andi juga menurut Nazaruddin, terlibat dalam berbagai kasus lainnya Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng disebut otak dari rekayasa kasus wisma atlet Sea Games. (Foto: masteragen)

Korupsi Kemenpora
Nazaruddin: Andi Malarangeng Otak Semua Rekayasa Ini
selasa, 21 Juni 2011

Jakarta, PelitaOnline — MANTAN Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin kembali menembakkan peluru panas terkait kasus yang diduga melibatkan dirinya. Nazaruddin menuding Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng otak di balik rekayasa tuduhan keterlibatannya dalam kasus suap yang melibatkan Sesmenpora Wafid Muharram. Andi, tegas dia, merekayasa hal itu untuk menutupi keterlibatannya dalam berbagai manipulasi di Kementeriannya.

“Andi Malarangeng adalah otak dari rekayasa kasus yang diarahkan pada saya. Dia melakukan hal itu karena dirinya tidak mungkin bisa menghindar keterlibatannya atas kasus itu. Dia ingin menutupi keterlibatannya dalam berbagai manipulasi anggaran di kementriannya,” ujar Nazaruddin dalam pesan di BBM yang dikirimkan dari Singapura kepada salah seorang wartawan DPR, Selasa (21/6).

Andi, jelas Nazaruddin, tidak mungkin tidak tahu mengenai suap terhadap Sesmenpora itu. Sebagai menteri dan kuasa anggaran, seorang menteri harus memberikan persetujuannya atas proyek di atas Rp50 miliar. "Andi mengetahui persis proyek itu, karena proyek di atas Rp50 miliar diketahui Menteri," kata politisi kelahiran 1978 itu. Nazaruddin juga berjanji akan membuka semua proyek di Kementrian Pemuda dan Olahraga yang direkayasa bersama antara komisi X, Badan Anggaran dan Kemenpora. “Angelina Sondakh, Wayan Koster, Mirwan Amir dan Andi Malarangeng jelas terlibat,” kata dia.

Keterlibatan mereka bukan hanya pada proyek pembangunan wisma atlet saja, namun juga pembangunan stadion di Palembang dan stadion Ambalang senilai Rp 1,2 triliun. Paket ini harus dibuka KPK bersama dengan paket pengadaan alat olahraga senilai Rp75 miliar yang direkayasa. “Lebih dari itu Menpora juga merekayasa anggaran senilai triliunan rupiah di Kementriannya. Ini yang harus dibuka KPK dan saya rasa tidak sulit membukanya,” pungkas dia
http://www.pelitaonline.com/read/pol…-rekayasa-ini/

————–

Sepandai-pandainya membungkus bangkai, bijimana pun pada akhirnya, baunya pasti tercium semua tetangga …

:beer:
[i

Boss Besar Korupsi Wisma Atlit Mulai Mengarah ke Andi Mallarangeng?

Info yg dicari : berita korupsi wisma atlet, pengakuan andi mallarangeng,

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a Comment