[Berita] Kapal Terbakar di Perairan Merak, 1 Tewas

January 28, 2011 – 2:26 am
TRIBUNNEWS.COM, MERAK, — Kapal feri terbakar di perairan Selat Sunda, Merak, Jumat (28/1/2011) sekitar pukul 03.00. Lokasi terbakarnya Kapal Feri Laut Teduh tersebut terjadi sekitar 2 mil dari Pelabuhan Merak. Upaya evakuasi hingga pagi terus dilakukan.

Kepala Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Teja Suparna mengatakan, kapal feri yang terbakar tersebut adalah Laut Teduh yang berpenumpang 34 orang. "Jumlah penumpang dan korban hingga saat ini masih didata. Saya minta waktu agar datanya akurat," katanya kepada Kompas.com, Jumat.

Sementara itu, Kapal Feri Titian Murni tiba di Dermaga Merak membawa korban penumpang yang dapat diselamatkan. Sekitar 15 menit kemudian, Kapal Mustika Kencana tiba di Dermaga 3, juga membawa belasan penumpang, satu orang dilaporkan kritis (balita), satu orang dilaporkan meninggal dunia. Penumpang yang lain terlihat mengalami trauma, beberapa di antaranya tampak menangis.

Saat berita ini diturunkan, beberapa mobil ambulans telah disiapkan di dermaga Pelabuhan Merak untuk menunggu evakuasi selanjutnya. Penumpang yang trauma, diistirahatkan di bangunan ASDP Merak, sementara yang kritis dibawa ke Rumah Sakit Krakatau Medical.

Sementara itu, cuaca di sekitar pelabuhan dilaporkan mendung. Para kerabat dan keluarga terlihat telah tiba di Dermaga 3 menunggu sanak keluarganya yang menjadi korban terbakarnya Kapal Feri Laut Teduh.

sumber

28 Januari 2011 | 07:54 wib
Berita Aktual » Nasional
KMP Laut Teduh Terbakar, Tiga Penumpang Tewas

Merak, CyberNews. Kapal feri KMP Laut Teduh II milik PT Bangun Putera Remaja terbakar, Jumat (28/1) pukul 03.59 WIB setelah membawa ratusan penumpang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni Lampung.

Tiga penumpang kapal feri tersebut ditemukan tewas dan seorang kritis setelah petugas melakukan evakuasi di kapal tersebut. Kebakaran terjadi sekitar tiga mil dari Pelabuhan Merak.

Hingga berita ini diturunkan, petugas masih melakukan evakuasi. Diperkirakan ratusan penumpang yang hendak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung masih terjebak dan kemungkinan korban akan bertambah.

"Untuk sementara kami baru menerima laporan tiga orang ditemukan tewas dan seorang kritis akibat kobaran api," jelas petugas shift trafic control PT Angkutan Sungai dan Penyeberangan Cabang Merak, Indra.

Indra mengatakan, pihaknya mengerahkan tujuh Kapal Feri untuk memberikan pertolongan.

( Ant / CN16 )

Sumber

Penumpang: Sumber Api dari Dek Kendaraan

MERAK, KOMPAS.com – Hingga pukul 08.20 WIB, Jumat (28/1/2011), proses evakuasi korban terbakarnya Kapal Ferry Lautan Teduh di perairan antara Merak dan Bakauheni, masih terus dilakukan. Terakhir, Kapal Nusa Agung berlabuh ke Dermaga 3 Pelabuhan Merak sekitar pukul 08.20 WIB. Tak lama setelah Kapal Nusa Agung, Kapal Raja Basa segera menyusul berlabuh di Dermaga 3.

Haryanto (50), salah satu penumpang yang baru turun dar Kapal Nusa Agung kepada Kompas.com mengatakan, dia melihat sumber api dari dek kendaraan, kemudian membakar kendaraan yang lain.

Para penumpang yang melihat kapal mulai terbakar, kemudian panik. Haryanto yang mengaku panik kemudian meloncat kelaut. "Karena saya tidak bisa berenang, saya diselamatkan sekoci," katanya.

Haryanto mengatakan, para penumpang lain juga terjun ke laut. Salah satunya Imam, temannya. Imam terjun kelaut tanpa mengenakan pelampung. "Sampai sekarang saya tidak tahu nasib dia selanjutnya," katanya.

Hingga berita ini diturunkan, jumlah korban meninggal bertambah lagi sehingga menjadi dua orang. Sebelumnya, seorang balita dikabarkan meninggal. Korban meninggal kedua diketahui setelah regu penolong menurunkan jenazah dari Kapal Raja Basa.

Sesampainya di dermaga, jenazah yang belum diketahui identitasnya itu diangkut menggunakan kendaraan militer untuk dibawa ke rumah sakit.

Bersamaan dengan proses evakuasi, kondisi pelabuhan semakin ramai, karena para penumpang juga mulai naik ke kapal yang akan menuju Pelabuhan Bakauheni.

Sumber

turut berduka :norose:

smoga evakuasi berjalan lancar :angel:

[Berita] Kapal Terbakar di Perairan Merak, 1 Tewas

Info yg dicari : berita kapal terbakar, kAPAL KEBAKAR, berita kapal terbakar di merak, berita terbakarnya kapal laut, berita kapal ferry yang terbakar, kapal laut terbakar di merak, Kebakaran kapal di merak, berita terkini kapal terbakar,

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. One Response to “[Berita] Kapal Terbakar di Perairan Merak, 1 Tewas”

  2. Karena saya sering naik kapal feri dari bakauheni ke merak begitupun sebaliknya. Merasa sangat2 berduka cita terhadap semuanya, semoga bagi yang kehilangan keluarganya dapat bersabar dan ikhlas menerimanya serta semoga segala amal ibadah diterima oleh Allah, SWT, serta bagi yg mengalami cidera semoga lekas sembuh dan bagi yg selamat marilah kita bersama2 mengucapkan syukur kepada Allah SWT..

    Sekali lagi saya turut berduka cita atas kejadiaan ini, semoga dilain waktu kejadiaan ini tidak terulang lagi… Amin.

    By febri on Jan 28, 2011

Post a Comment