Banjir 2012: INDONESIA Mulai Dikepung Banjir di Berbagai Wilayahnya! Tanggapan Pusat?

January 8, 2012 – 10:26 pm

Banjir di Sejumlah Daerah Masih Berlangsung
Senin, 2 Januari 2012 | 05:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Di awal tahun ini hujan, banjir, dan longsor, akan terus mewarnai pemberitaan media massa. Badan Meteorologi dan Klimatologi memprakirakan, potensi banjir terjadi hampir di semua daerah, termasuk Jakarta, terutama antara Januari hingga pertengahan Februari. Di akhir Desember hingga hari pertama 2012 kemarin, misalnya, banjir telah terjadi di Brebes akibat jebolnya tanggul di tiga sungai kecil di kabupaten ujung barat Jawa Tengah bagian utara itu. Banjir bahkan sempat membuat menggenangi jalur pantura, sehingga membuat lalu lintas macet.

Di petang hari, Kali Code di Yogyakarta juga naik akibat hujan lebat di lereng Gunung Merapi dan Kota Yogyakarta. Banjir lahar dingin bahkan sudah menerjang sejumlah desa di Kabupaten Klaten, terutama di aliran Kaliworo. Hujan lebat di Solo dan sekitarnya juga membuat sejumlah sungai di Sragen meluap dan menggenangi jalur utama Solo-Sragen-Surabaya. Lalu lintas sempat terputus, karena tinggi genangan mencapai satu meter.

Menjelang tengah malam, Sungai Bengawan Solo yang melintasi Kota Solo akhirnya meluap. Sejumlah kampung di Jebres tergenang, termasuk rumah Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Pagi ini dilaporkan, sejumlah desa di Nganjuk, Jawa Timur, juga dilanda banjir. Empat rumah dilaporkan roboh.
http://nasional.kompas.com/read/2012…ih.Berlangsung

Banjir Mulai Landa Sumatera Selatan
Senin, 09/01/2012 01:57 WIB

Palembang – Hujan deras yang turun hampir setiap hari di wilayah pedalaman Sumatera Selatan, selama sebulan terakhir, mulai menyebabkan banjir di sejumlah pemukiman penduduk. Terutama yang berada di tepian sungai. Setelah Musirawas dan Lahat, kini giliran sejumlah wilayah di
kabupaten Muaraenim. Di Muaraenim, banjir terjadi dusun di Desa Pagar Jati, Kecamatan Benakat.

Di desa itu, ratusan rumah mulai terendam banjir. Banjir yang terjadi sudah cukup parah, jika air pasang ketinggian air dapat mencapai tiga meter, sehingga rumah panggung pun mulai lantainya mulai tersentuh air. Jalanan pun terendam. Meskipun belum menyebabkan terhenti aktivitas, seperti sekolah dan berhubungan dengan desa lain, tapi banjir ini sangat menganggu aktivitas.

Warga terpaksa naik ojek perahu atau ojek sepeda motor jika air tidak terlalu tinggi. Banjir tersebut diperkirakan beberapa anak Sungai Lematang, seperti Sungai Benakat, yang di dekat desa tersebut, meluap. Luapan ini selain akibat curah hujan tinggi, dangkalnya badan sungai, juga adanya kiriman dari daerah huluan Muaraenim, seperti Lahat.

Memang, selama beberapa tahun terakhir, banjir selalu terjadi di desa
tersebut. Sehingga untuk mengatasinya, selain meningginya ruas jalan
desa, juga pengerukan terhadap Sungai Benakat.
http://www.detiknews..com/read/2012/…elatan?9922032

Awal 2012, Banjir Ancam 10 Daerah di Pulau Jawa
Senin, 02 Jan 2012 – 10.20 WIB

Jakarta – Memasuki Januari sebagai puncak curah hujan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi sebagian besar wilayah Indonesia akan terancam banjir yang hampir bersamaan. Kepala Pusat Data Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, memasuki tahun baru 2012, sepuluh wilayah akan terlanda banjir dalam waktu yang hampir bersamaan. Tercatat, Solo, Sragen, Sleman, Kota Yogyakarta, Klaten, Brebes, Nganjuk, Pasuruan, Bungo, dan Banjar. "Sebagian terkena banjir tadi malam dan sebagian hari ini," terang Sutopo kepada centroOne.com, Senin (2/1).

Sutopo menjelaskan, hujan lebat di Solo dan sekitarnya menyebabkan sungai Bengawan Solo meluap sehingga Kota Solo terendam banjir. Sejumlah sungai di Sragen meluap dan menggenangi jalur utama Solo-Sragen-Surabaya. "Lalu lintas sempat terputus, karena tinggi genangan mencapai satu meter," ujarnya. Selain itu, Sutopo juga membeberkan bahwa hujan lebat yang menguyur Sleman menyebabkan banjir pada beberapa daerah yang sebelumnya tidak pernah terjadi banjir. "Diperkirakan petang hari, Kali Code di Yogyakarta juga naik akibat hujan lebat di lereng Gunung Merapi dan Kota Yogyakarta. Banjir lahar dingin bahkan sudah menerjang sejumlah desa di Kabupaten Klaten, terutama di aliran Kaliworo," tambah Sutopo.
http://www.centroone.com/news/2012/0…di-pulau-jawa/

WILAYAH NUSANTARA YANG SAAT INI DILAPORKAN TERLANDA BANJIR

BANDUNG-JABAR, 08/01/2012
Korban Banjir Bersihkan Rumahnya

BANTUL-YOGYA, 08 Januari 2012
Kerugian Banjir di Bantul Capai Rp 24 Miliar

INDRAMAYU-JABAR, 8 Januari 2012
Banjir di Indramayu Semakin Parah, Ribuan Rumah dan Tanaman Padi Terendam

SAMBAS-KALBAR, Sabtu, 7 Januari 2012
Sepantai Dikepung Banjir

KENDAL-JATENG, Minggu, 8 Januari 2012
Kantor Bupati Kendal Terendam Banjir

NGANJUK-JATIM, Minggu, 8 Januari 2012
Banjir Bandang Terjang Ribuan Rumah Warga di Nganjuk

KARAWANG-JABAR, Minggu, 8 Januari 2012
Sejumlah daerah pesisir utara Karawang mulai banjir

DENPASAR-BALI, Minggu, 08 Januari 2012
Banjir Landa Denpasar

————-


Bengawan Solo sedang meluap, 10 daerah di jawa terancam banjir bersamaan

Ini himbauan saja untuk Pejabat di negeri ini, baik di Pemerintahan maupun di DPR, agar kalian lebih fokus kepada bencana yang sedang menimpa saudara-saudara se bangsa di berbagai wilayah tanah air. Sisihkan dulu pertikaian politik untuk kepentingan diri sendiri. Kinilah saatnya kalian lebih menaruh perhatian pada penderitaan rakyat. Tunjukkan ‘sense of crisis‘ kalian saat ini. Kalau kalian tetap cuek, tetap asyik dengan pertikaian politik semata (sampai lubang tinja pun didebatkan), siap-siap saja laknat Tuhan akan menimpa diri kalian semua!

Banjir 2012: INDONESIA Mulai Dikepung Banjir di Berbagai Wilayahnya! Tanggapan Pusat?

Info yg dicari : banjir di indonesia 2012, berita tentang banjir, berita tentang banjir 2012, berita banjir di indonesia, banjir di indonesia tahun 2012, banjir 2012 di indonesia, banjir indonesia 2012, berita tentang banjir di indonesia, tanggapan banjir, berita banjir terkini 2012,

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. 3 Responses to “Banjir 2012: INDONESIA Mulai Dikepung Banjir di Berbagai Wilayahnya! Tanggapan Pusat?”

  2. kurang lengkap tuh

    By poppy on Jan 18, 2012

  3. tolong pemerintah kabupaten/kota di perhatikan keselamatan pengguna jalan yang rusak akibat banjir

    By Bayu.b on Jan 19, 2012

  4. Beritanya dikit amat sihh !!!
    lagi bikin kliping tauuu !!!!

    By pipit on May 27, 2012

Post a Comment