Balita Berwajah Arab di Rumah Peduli TKI

June 24, 2011 – 5:26 pm
Quote:

MALANG nian nasib anak-anak itu. Mereka, sembilan anak berwajah kearab-araban berusia dua bulan hingga 1,5 tahun, dirawat di sebuah rumah yang beralamat di Jalan Jurumudi, Perumahan Alam Raya, Blok A-75, Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Banten.

Mereka anak-anak titipan para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di negara-negara Timur Tengah. Anak-anak itu lahir dari TKI yang menjadi korban pemerkosaan para majikan di Arab Saudi.

Karena malu membawa darah daging hasil hubungan tidak dikehendaki, para TKI yang berasal dari daerah Jawa Barat, Jakarta, dan Sulawesi Tengah itu menitipkan bayi-bayi mereka ke rumah tersebut, Rumah Peduli Anak Tenaga Kerja Indonesia (RPA TKI).

"Bayi-bayi itu dititipkan kepada kami selama enam bulan. Setelah itu, biasanya diambil kembali oleh orang tuanya untuk dibawa pulang," kata Ketua RPA TKI, Yudi Ramdhani, 30, kepada Media Indonesia, awal pekan ini.

Sehari-hari mereka dirawat oleh empat pengasuh yang memiliki tugas masing-masing. Ada yang memandikan dan ada pula yang menjaga balita itu bermain perosotan, bola, dan boneka. Setiap hari suasana rumah berlantai dua itu tak pernah sepi dari tangis dan celoteh balita yang lahir tidak dikehendaki tersebut.

Entah bagaimana nasib mereka kelak. Yudi menuturkan, adopsi memang menjadi sebuah pilihan yang dapat ikut menentukan masa depan anak-anak itu. Namun, RPA TKI lebih mengutamakan bayi-bayi itu kembali kepada orang tua mereka.

"Kalau selama enam bulan tidak diambil, kami beri kesempatan enam bulan lagi. Pokoknya, kami tetap berusaha semaksimal mungkin agar bayi itu kembali kepada orang tua mereka. Sebisa mungkin tidak diadopsi orang lain," tutur Yudi.

Tragedi Ruyati, TKI asal Bekasi yang dipancung di Arab Saudi pekan lalu, menjadi bukti betapa getirnya kehidupan buruh migran. Ada lebih banyak lagi nasib pahit TKI yang tak terungkap. Salah satu jejaknya mereka tinggalkan di RPA TKI. (SM/X-9) TKP


Apakah para pelaku pemerkosaan diperlakukan sesuai hukum yang sama terhadap Ruyati? Kalo Pemerintah Arab mati2an membela warganegara, kenapa Pemerintah kita seakan2 tidak peduli dengan nasib warganegaranya?

Apa komentar agan/sista?

Balita Berwajah Arab di Rumah Peduli TKI

  1. 3 Responses to “Balita Berwajah Arab di Rumah Peduli TKI”

  2. Tolong minta no. telp rumah peduli anak tki dong & apa persyaratanny klo mau adopsi?

    By ika on Mar 22, 2012

  3. mohon ijin kopi paste untuk dipubikasikan di adopsianak.blogspot.com dengan menyretakan sumbernya

    By rafli kurniawan on Apr 21, 2012

  4. siang.bisa minta no tlp yang bisa dihubungi…saya cari anak asuh yang msh usia 0 bulan(baru lahir).terima kasih

    By wulan on Apr 30, 2012

Post a Comment